Xi Jinping Isyaratkan Dapat Serang Taiwan, Partai Komunis China Tepuk Tangan

Senin, 17 Oktober 2022 - 07:27 WIB
loading...
A A A
"Kami dengan tegas menyerukan kepada otoritas Komunis China untuk meninggalkan pemaksaan kerangka politik dan penggunaan kekuatan militer dan paksaan," kata dewan itu dalam sebuah pernyataan.

China telah membekukan semua kontak dengan Taiwan sejak pemilu 2016, di mana Tsai Ing-wen terpilih sebagai presiden untuk masa jabatan pertamanya.

Kongres Partai Komunis China akan mengangkat pemimpin negara itu untuk lima tahun ke depan.

Bertentangan dengan tradisi, para delegasi diharapkan memberi Xi Jinping masa jabatan lima tahun untuk periode ketiga sebagai sekretaris jenderal partai.

Amnesty International pada Minggu memperingatkan bahwa memperpanjang masa kekuasaan Xi Jinping akan menjadi bencana bagi hak asasi manusia.

"Pengesahan masa jabatan ketiga Xi Jinping akan menjadi momen yang tidak menyenangkan tidak hanya bagi jutaan warga China yang telah menderita pelanggaran berat hak asasi manusia di bawah pemerintahannya, tetapi juga bagi orang-orang di seluruh dunia yang merasakan dampak dari represi pemerintah China," bunyi pernyataan wakil direktur regional Amnesty International, Hana Young.

"Kebijakan dan praktik pemerintah di bawah kepemimpinan Xi menimbulkan ancaman terhadap hak asasi manusia tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga secara global. Dari kampanye pemerintah untuk membungkam dan memulangkan secara paksa orang-orang Uighur di luar negeri hingga upayanya untuk mendefinisikan kembali arti hak asasi manusia di PBB, lengan represi negara China semakin meluas di luar perbatasan China," imbuh Young.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0790 seconds (0.1#10.140)