Korban Tewas Ledakan di Tambang Batu Bara Turki Jadi 41 Orang

Minggu, 16 Oktober 2022 - 08:21 WIB
loading...
A A A
“Kami melihat pemandangan yang mengerikan, tidak dapat digambarkan, sangat menyedihkan,” kata Celal Kara (40).

“Mereka semua adalah teman saya… mereka semua punya mimpi,” imbuh Kara, yang telah menjadi penambang selama 14 tahun, kepada The Associated Press setelah keluar dari tambang, wajahnya tertutup jelaga.



Negara-negara di seluruh dunia menyampaikan belasungkawa mereka kepada Turki. Perdana menteri Yunani menawarkan bantuan penyelamatan meskipun hubungan antara kedua tetangga baru-baru ini diliputi ketegangan.

Secara terpisah, polisi Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tindakan hukum akan diambil terhadap 12 orang yang diduga membagikan konten provokatif tentang ledakan ranjau untuk menghasut kebencian di media sosial.

Bencana tambang terburuk di Turki terjadi pada tahun 2014, ketika 301 penambang tewas setelah kebakaran terjadi di dalam tambang batu bara di kota Soma, di barat negara itu. Lima bulan kemudian, 18 penambang tewas di provinsi Karaman tengah setelah banjir di tambang batu bara.

Kepala DISK, serikat pekerja sayap kiri, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka “sedih dan marah” karena kematian dapat dicegah dan saran keselamatan serikat pekerja diabaikan.

Meskipun lebih banyak inspeksi diamanatkan setelah tragedi Soma, pemimpin DISK Arzu Cerkezoglu mengklaim beberapa tindakan pencegahan diabaikan untuk keuntungan, menyebut ledakan hari Jumat sebagai "pembantaian."


(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)