Dibantu Israel, Maroko Jadi Negara Afrika Pertama Produsen Drone

Minggu, 16 Oktober 2022 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Namun ambisi Rabat tidak lagi sebatas membeli saja; sebaliknya, negara itu berusaha memproduksi drone di wilayah Maroko dengan bantuan Israel.

Menurut RFI, Maroko telah mempercepat persenjataannya di berbagai daerah selama beberapa tahun.

Dalam konteks ini, Maroko baru-baru ini menggunakan drone di Sahara Barat untuk menargetkan aktivis Front Polisario dan terkadang warga sipil Aljazair atau Mauritania yang memasuki zona penyangga.

RFI menambahkan, “Drone memungkinkan Maroko mendapatkan keuntungan dari alat yang kuat dan dikembangkan yang telah membuktikan efektivitasnya di daerah konflik di seluruh dunia.”

Maroko dan Israel melanjutkan hubungan diplomatik pada akhir 2020 sebagai bagian dari perjanjian tripartit di mana Amerika Serikat (AS) mengakui kedaulatan Maroko atas Sahara Barat yang disengketakan oleh Front Polisario yang didukung Aljazair.

Israel dan Maroko memperkuat kerja sama militer mereka selama pembicaraan yang diadakan di Rabat pada Juli oleh Kepala Staf Umum Pasukan Pertahanan Israel Aviv Kochavi dengan sejumlah pejabat senior di kerajaan.

Laju pemulihan hubungan antara Maroko dan Israel telah dipercepat sejak normalisasi diplomatik yang terjadi pada Desember 2020 dalam kerangka Kesepakatan Abraham, yang disepakati antara Israel dan beberapa negara Arab dengan dukungan Washington.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)