SpaceX Minta Pentagon Bayar Tagihan Internet Ukraina

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:38 WIB
loading...
A A A
Musk telah menyatakan bahwa SpaceX akan menghabiskan lebih dari USD100 juta untuk menyediakan layanan Starlink ke Ukraina pada akhir tahun. Namun surat perusahaan kepada Pentagon menunjukkan bahwa "sebagian besar" dari 20.000 unit yang disediakan ke Kiev telah menerima "dana penuh atau sebagian" dari pemerintah Amerika, Inggris dan Polandia.

Kontribusi lain datang dari LSM dan penggalangan dana swasta, meskipun SpaceX telah menutupi sebagian besar biaya layanan sekitar USD4.500 per terminal setiap bulan.

Baru-baru ini, SpaceX mendapat kecaman atas dugaan pemadaman Starlink di beberapa wilayah Ukraina, dengan Financial Times menyampaikan laporan dari tentara Ukraina tentang "bencana" hilangnya komunikasi minggu lalu.

Penyebab pemadaman masih belum jelas, meskipun pejabat Ukraina bersikeras masalah itu bukan akibat kesalahan teknis atau serangan siber, melainkan menduga karena pembatasan geografis yang diberlakukan SpaceX. Meski begitu layanan internet telah kembali pulih di daerah yang terkena dampak.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)