9 Roket Hantam Zona Hijau Baghdad, Sidang Parlemen Ditunda

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 01:00 WIB
loading...
9 Roket Hantam Zona Hijau Baghdad, Sidang Parlemen Ditunda
9 Roket Hantam Zona Hijau Baghdad, Sidang Parlemen Ditunda. FOTO/Reuters
A A A
BAGHDAD - Setidaknya 9 roket menargetkan Parlemen Irak di dalam Zona Hijau yang dijaga ketat pada Kamis (13/10/2022). Menurut militer Irak, serangan itu terjadi menjelang sesi yang sangat dinanti untuk menyelesaikan krisis politik di negara tersebut.

Seperti dilaporkan AP, serangan roket itu menunda sesi parlemen yang dijadwalkan berlangsung untuk memilih seorang presiden, sebuah langkah kunci menuju penyelesaian pembentukan pemerintah Irak yang terhenti satu tahun sejak pemilihan federal diadakan.



Sedikitnya lima orang terluka dalam serangan itu - tiga warga sipil dan dua personel militer - kata para pejabat itu tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Para pelakunya tidak segera diketahui.

Serangan itu, yang tampaknya merupakan upaya untuk menggagalkan sesi yang dijadwalkan, terjadi setelah Kerangka Koordinasi, aliansi yang terdiri dari sebagian besar partai Syiah yang didukung Iran, mengajukan surat resmi yang mengklaim sebagai blok terbesar di Parlemen.

Aliansi itu menunjuk Mohammed Shia Al-Sudani sebagai calon mereka untuk jabatan perdana menteri, sebuah langkah hukum penting sebelum pemerintahan berikutnya dapat dibentuk.

Banyak yang takut akan protes oleh pengikut ulama Syiah berpengaruh Muqtada Al-Sadr, lawan politik Framework, menjelang sesi. Pendukungnya menyerbu parlemen pada 30 Juni dan menghentikan proses pembentukan pemerintah ketika Al-Sudani pertama kali ditunjuk sebagai calon oleh Framework.



Partai Al-Sadr memenangkan jumlah kursi terbesar dalam pemilihan federal Oktober 2021, tetapi dia memerintahkan anggota parlemennya untuk mengundurkan diri setelah gagal mengamankan kuorum untuk memilih dalam pemerintahan yang akan mengecualikan sekutunya yang didukung Iran.

Di bawah hukum Irak, sebelum anggota parlemen dapat memilih calon perdana menteri, mereka harus memilih presiden. Para pejabat berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk memberi tahu media.

Itu bukan pertama kalinya serangan roket menargetkan gedung parlemen saat anggota parlemen bersiap untuk menghadiri sebuah sesi. Pada 28 September, tiga roket menargetkan Zona Hijau saat sesi diadakan untuk memperbarui kepercayaan pada ketua parlemen Mohammed Al-Halbousi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)