Pemimpin Gereja Kutuk Rencana Pemindahan Kedubes Inggris ke Yerusalem

Minggu, 09 Oktober 2022 - 10:10 WIB
loading...
Pemimpin Gereja Kutuk Rencana Pemindahan Kedubes Inggris ke Yerusalem
PM Inggris Liz Truss dan PM Israel Yair Lapid. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Para pemimpin gereja di Inggris bersama-sama menyatakan kekhawatiran atas “potensi dampak” jika pemerintah Inggris memindahkan kedutaannya dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Dalam intervensi yang jarang terjadi, seorang juru bicara mengatakan kepada Middle East Eye bahwa Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, “prihatin” tentang langkah tersebut, yang dilontarkan oleh Perdana Menteri Inggris Liz Truss dalam pertemuan dengan mitranya dari Israel Yair Lapid bulan lalu.



"Uskup Agung prihatin tentang dampak potensial dari pemindahan Kedutaan Besar Inggris di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem sebelum penyelesaian yang dinegosiasikan antara Palestina dan Israel tercapai," kata juru bicara itu seperti dikutip dari Middle East Eye, Minggu (9/10/2022).

Juru bicara itu menambahkan bahwa Welby berhubungan dengan para pemimpin Kristen di Tanah Suci dan terus berdoa untuk perdamaian Yerusalem.

Pemindahan kedutaan ke Yerusalem akan memutarbalikkan posisi Inggris yang sudah lama ada. Inggris telah lama mempertahankan kedutaannya di Tel Aviv sebagai bagian dari kebijakan lama bahwa status akhir kota itu harus diputuskan setelah negosiasi.

Jika kedutaan Inggris dipindahkan, Truss akan mengikuti jejak mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, yang bertentangan dengan hukum internasional, memindahkan kedutaan AS ke Yerusalem, sebuah langkah yang diambil sebagai pengakuan formal atas kedaulatan Israel atas kota tersebut.

Pernyataan itu berarti bahwa gereja-gereja Anglikan dan Katolik sekarang berdiri bahu-membahu dalam alarm mereka di Inggris berpotensi memindahkan kedutaannya ke kota suci yang dianggap suci oleh orang Yahudi, Kristen dan Muslim.

Uskup Agung Canterbury menyampaikan keprihatinannya kepada publik beberapa jam setelah seorang Katolik paling senior di Inggris menulis surat kepada Truss untuk memperingatkannya agar tidak melakukan tindakan tersebut.

Kardinal Vincent Nichols, Uskup Agung Westminster, mengatakan: "Relokasi kedutaan Inggris seperti itu akan sangat merusak kemungkinan perdamaian abadi di kawasan dan reputasi internasional Inggris."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)