Haiti Minta Bantuan Militer Internasional Padamkan Kekacauan

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 15:42 WIB
loading...
A A A
Polisi Nasional Haiti telah berjuang untuk mengendalikan geng dengan sumber daya yang terbatas dan kekurangan staf yang kronis, dengan hanya sekitar 12.800 petugas aktif untuk negara berpenduduk lebih dari 11 juta orang.

Geng-geng itu semakin kuat sejak pembunuhan Presiden Jovenel Moise pada Juli 2021.

Para pengunjuk rasa dan geng-geng yang semakin kuat telah membantu menjerumuskan Haiti ke dalam tingkat kekacauan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dengan negara itu lumpuh selama hampir sebulan setelah geng-geng mengepung terminal bahan bakar besar di ibu kota Port-au-Prince, menolak untuk mengalah sampai Henry mundur.

Akibatnya, kru tidak dapat mendistribusikan sekitar 10 juta galon solar dan bensin dan lebih dari 800.000 galon minyak tanah yang disimpan di lokasi.

Para pengunjuk rasa juga telah memblokir jalan sejak Henry mengumumkan bahwa pemerintahannya tidak mampu lagi mensubsidi bahan bakar pada awal September. Pengumuman ini menyebabkan kenaikan tajam harga bensin, solar dan minyak tanah.

SPBU ditutup, rumah sakit telah mengurangi layanan penting dan bisnis termasuk bank dan toko kelontong telah membatasi jam kerja mereka.



Pada hari Rabu, Kantor Koordinator Kemanusiaan dan Kependudukan PBB di Haiti mengusulkan "koridor kemanusiaan" untuk memungkinkan bahan bakar dan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Disebutkan bahwa negara itu juga menghadapi wabah kolera baru, dengan beberapa kematian dilaporkan dan puluhan pasien dirawat.

“Orang-orang yang paling rentan adalah yang pertama menderita dari penyumbatan,” kata PBB.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2280 seconds (0.1#10.140)