Haiti Minta Bantuan Militer Internasional Padamkan Kekacauan

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 15:42 WIB
loading...
A A A
Petisi itu muncul setelah Luis Almagro, Sekretaris Jenderal Organisasi Negara-negara Amerika, bertemu dengan para pejabat termasuk Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Haiti Jean Victor Geneus pada Kamis lalu untuk membicarakan situasi negara yang memburuk.

"Haiti harus meminta bantuan mendesak dari komunitas internasional untuk membantu menyelesaikan krisis keamanan, menentukan karakteristik pasukan keamanan internasional," Almagro mentweet pada Kamis malam.

Namun banyak warga Haiti yang menolak gagasan ini, mencatat bahwa pasukan penjaga perdamaian PBB dituduh melakukan serangan seksual dan memicu epidemi kolera pada lebih dari satu dekade lalu yang menewaskan hampir 10 ribu orang.

“Saya tidak berpikir Haiti membutuhkan intervensi lain,” kata Mathias Pierre, mantan menteri Haiti.

"Kami telah melalui begitu banyak masalah, dan tidak ada yang diselesaikan. Jika kita tidak melakukannya sebagai orang Haiti, 10 tahun ke depan, kita akan berada dalam situasi yang sama lagi," imbuhnya.

Sebaliknya, dia meminta pemerintah AS untuk membantu mengurangi jumlah amunisi dan senjata yang mengalir ke Haiti dan juga untuk melengkapi petugas polisi sehingga mereka memiliki lebih banyak senjata dan kemampuan untuk menjalankan intelijen di geng kriminal.

Dia juga khawatir tentang situasi yang akan dihadapi pasukan keamanan internasional.



"Ini bukan tentara yang mereka hadapi," ujarnya.

“Mereka menghadapi geng yang terletak di daerah miskin dan menggunakan penduduk sebagai tameng untuk melindungi diri mereka sendiri,” ungkapnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2308 seconds (0.1#10.140)