PBB: Bentrokan Dua Geng di Haiti Tewaskan 75 Orang

Sabtu, 07 Mei 2022 - 17:15 WIB
loading...
PBB: Bentrokan Dua Geng di Haiti Tewaskan 75 Orang
PBB: Bentrokan Dua Geng di Haiti Tewaskan 75 Orang
A A A
PORT-AU-PRINCE - Bentrokan antara dua geng saingan di pinggiran ibukota Haiti , Port-au-Prince telah merenggut nyawa sedikitnya 75 orang, termasuk perempuan dan anak-anak, dalam waktu kurang dari dua minggu. Hal itu diungkapkan PBB, Jumat (7/5/2022).

PBB mengaku sangat prihatin dengan memburuknya situasi keamanan yang cepat di kota itu. "Menurut berbagai sumber, setidaknya 75 orang, termasuk wanita dan anak-anak telah tewas dan 68 lainnya terluka," kata pernyataan PBB, seperti dikutip dari AFP.



Dilaporkan pula, setidaknya 9.000 penduduk di pinggiran utara kota yang dilanda konflik dan telah menjadi medan pertempuran untuk perang geng, terpaksa meninggalkan rumah mereka dan berlindung dengan kerabat atau di tempat penampungan sementara, seperti gereja dan sekolah.

Selama beberapa dekade, geng-geng bersenjata telah mengamuk di lingkungan termiskin di Port-au-Prince, tetapi mereka secara drastis meningkatkan cengkeraman mereka di seluruh ibu kota Haiti dan negara pada umumnya dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini menyebabkan pembunuhan dan penculikan meroket.

PBB mengecam "kekerasan ekstrim" dari geng-geng tersebut, dengan mengatakan sumber-sumber lokal mencatat "tindakan kekerasan seksual, termasuk pemerkosaan beramai-ramai terhadap anak-anak berusia 10 tahun, dan teror serta intimidasi terhadap penduduk lokal yang tinggal di daerah-daerah yang dikuasai oleh saingannya. geng."



UNICEF telah memperingatkan dampak kontrol geng atas wilayah terhadap pendidikan anak-anak. "Di Haiti, 500.000 anak kehilangan akses pendidikan karena kekerasan terkait geng. Hampir 1.700 sekolah saat ini ditutup di wilayah metropolitan Port-au-Prince."

"Tidak ada anak yang bisa pergi ke sekolah saat peluru beterbangan di udara, ini berbahaya dan seharusnya tidak seperti ini," kata Bruno Maes, perwakilan UNICEF untuk Haiti.

Kantor PBB di Haiti juga telah menyatakan keprihatinan atas anak-anak yang terdaftar dalam geng bersenjata.

Pemerintah Haiti belum mengomentari pecahnya kekerasan terbaru yang telah menempatkan ibu kota dalam keadaan terkepung, mencegah jalan keluar yang aman melalui jalan darat ke seluruh negara itu.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)