Cegah Penggunaan Senjata Nuklir, Zelensky Serukan NATO Serang Rusia

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 05:05 WIB
loading...
Cegah Penggunaan Senjata Nuklir, Zelensky Serukan NATO Serang Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan NATO melancarkan serangan preventif ke Rusia guna mencegah penggunaan senjata nuklir. Foto/Reuters
A A A
KIEV - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, menyerukan NATO untuk meluncurkan "serangan preventif" ke Rusia. Menurutnya itu perlu dilakukan guna mencegah kemungkinan penggunaan senjata nuklir oleh Moskow.

“Serangan pendahuluan diperlukan agar mereka tahu apa yang menanti mereka jika mereka menggunakan senjata nuklir,” kata Zelensky.

“Tidak sebaliknya, menunggu serangan nuklir Rusia dan kemudian berkata, ‘oh, Anda sudah melakukan itu, lalu dapatkan ini,'” imbuhnya seperti dikutip dari Infowars, Jumat (7/10/2022).

Zelensky membuat pernyataan melalui panggilan video ke Australian Lowy Institute, yang melakukan penelitian politik dan ekonomi. Sebuah rekaman diterbitkan di saluran Telegram presiden.



Selain menyerukan NATO melakukan serangan preventif, pada kesempatan lain, Zelensky juga meminta jaminan keamanan dari para pemimpin Eropa dalam mendukung upayanya untuk bergabung dengan aliansi pertahanan bentukan Amerika Serikat (AS) itu.

Berbicara kepada para pemimpin yang menghadiri pertemuan pertama Komunitas Politik Eropa, sebuah pertemuan yang menyatukan hampir setiap negara di benua itu kecuali Rusia dan Belarusia, Zelensky mendesak mereka untuk mendukung Ukraina demi kepentingan mereka sendiri.

"Sebagian besar negara bagian tidak akan mampu mengobarkan perang yang begitu intens, sehingga konflik harus dimenangkan di Ukraina," katanya kepada para pemimpin melalui tautan video.

“Agar tank Rusia tidak maju di Warsawa atau lagi di Praha. Sehingga artileri Rusia tidak menembaki negara-negara Baltik. Sehingga rudal Rusia tidak mengenai wilayah Finlandia atau negara lain mana pun,” imbuhnya seperti dilansir dari The Guardian.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)