Tak Ada Takutnya, Siswi-Siswi Iran Cela Anggota Paramiliter Basij

Kamis, 06 Oktober 2022 - 02:50 WIB
loading...
A A A
Kerusuhan dipicu oleh kematian Mahsa Amini, wanita berusia 22 tahun yang koma beberapa jam setelah ditahan oleh polisi moral Iran pada 13 September di Teheran karena diduga melanggar undang-undang ketat yang mengharuskan wanita untuk menutupi rambut mereka dengan jilbab. Dia meninggal di rumah sakit tiga hari kemudian.

Keluarganya menuduh bahwa petugas memukul kepalanya dengan tongkat dan membenturkan kepalanya ke salah satu kendaraan mereka. Polisi telah membantah bahwa dia dianiaya dan mengatakan korban menderita serangan jantung.

Aksi protes pertama terjadi di barat laut Iran, tempat Amini berasal, dan kemudian menyebar dengan cepat ke seluruh negeri.

Wanita muda telah berada di garis depan kerusuhan, tetapi baru pada hari Senin para siswi mulai berpartisipasi secara publik dalam jumlah besar.

Itu terjadi sehari setelah pasukan keamanan secara singkat mengepung Universitas Teknologi Sharif yang bergengsi di Teheran sebagai tanggapan atas protes di kampus. Puluhan siswa dilaporkan dipukuli, ditutup matanya dan dibawa pergi.



Awal pekan ini juga menjadi saksi Pemimpin Spiritual Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, memecah kebisuannya atas kerusuhan yang terjadi dan memberikan dukungan penuh kepada pasukan keamanan, yang telah dituduh oleh kelompok hak asasi manusia membunuh puluhan orang.

Pada hari Selasa, ada laporan bahwa jumlah korban tewas akibat bentrokan antara personel keamanan dan pengunjuk rasa anti-pemerintah di kota tenggara Zahedan telah meningkat menjadi 83.

Zahedan adalah ibu kota provinsi Sistan Baluchistan, yang berbatasan dengan Pakistan dan Afghanistan, serta memiliki populasi Muslim Sunni yang cukup besar. Iran sendiri adalah negara dengan mayoritas Syiah.

Pihak berwenang mengatakan pasukan keamanan diserang oleh separatis Baluchi bersenjata - sesuatu yang dibantah oleh imam masjid terbesar di kota itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)