Putin Teken Undang-undang Pencaplokan Wilayah Ukraina

Rabu, 05 Oktober 2022 - 23:13 WIB
loading...
A A A
Sedangkan Zelensky menanggapi pencaplokan tersebut dengan mengumumkan aplikasi jalur cepat Ukraina untuk bergabung dengan NATO. Dalam sebuah dekrit yang dirilis Selasa, ia juga mengesampingkan negosiasi dengan Rusia, menyatakan bahwa tindakan Putin membuat berbicara dengan pemimpin Rusia menjadi tidak mungkin.

Di medan perang, Rusia dan Ukraina memberikan penilaian yang bertentangan tentang serangan balasan Ukraina di wilayah Kherson yang diduduki Rusia. Seorang pejabat regional yang ditempatkan di Moskow bersikeras bahwa kemajuan Ukraina telah dihentikan.

"Sampai pagi ini tidak ada gerakan oleh pasukan Kiev," kata Kirill Stremousov dalam komentarnya kepada kantor berita Rusia yang dikelola negara RIA Novost.

Baca: Twitter Runtuh Diserbu Bot, Diplomat Ukraina: Persetan dengan Musk!

Dia bersumpah para pejuang Ukraina tidak akan memasuki kota Kherson.

Namun, militer Ukraina mengatakan bendera Ukraina telah dikibarkan di atas tujuh desa wilayah Kherson yang sebelumnya diduduki oleh Rusia. Desa-desa yang dibebaskan paling dekat dengan kota Kherson adalah Davydiv Brid, sekitar 100 kilometer.

Wakil kepala pemerintah daerah Ukraina, Yurii Sobolevskyi, mengatakan rumah sakit militer penuh dengan tentara Rusia yang terluka dan petugas medis militer Rusia kekurangan pasokan. Begitu mereka stabil, tentara Rusia dikirim ke Crimea, yang dianeksasi Rusia dari Ukraina pada 2014.

“Tidak semua orang datang,” tulis Sobolevskyi.

Di wilayah Donetsk yang dicaplok Moskow, di mana pasukan Ukraina masih menguasai beberapa daerah, pasukan Rusia menembaki delapan kota dan desa, kata kantor kepresidenan Ukraina.

"Setelah merebut kembali kota Sviatohirsk di Donetsk, pasukan Ukraina menemukan kuburan bagi warga sipil dan menemukan mayat empat orang," menurut Gubernur Pavlo Kyrylenko.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1437 seconds (10.55#12.26)