3 Partai Politik Terbesar di Israel

Selasa, 04 Oktober 2022 - 14:39 WIB
loading...
A A A
1. Partai Likud

Likud merupakan partai politik sayap kanan. Partai ini didirikan tahun 1973 oleh Menachem Begin yang beraliansi dengan beberapa partai sayap kanan dan liberal.

Kemenangan Likud diraih dalam Pemilu 1977, yang menjadi titik balik besar dalam sejarah politik Israel karena menandai pertama kalinya hilangnya kekuatan kubu saya kiri.

Setelah kemenangan meyakinkan pada Pemilu 2003, Likud mengalami perpecahan besar tahun 2005, ketika pemimpin Likud, Ariel Sharon, meninggalkan partai untuk membentuk partai baru bernama Kadima.

2. Partai Zionis

Partai Zionis Religius atau sebelumnya dikenal sebagai Tkuma hingga 2021 dan secara resmi masih dikenal sebagai Persatuan Nasional Tkuma adalah sebuah partai politik berhaluan Zionisme kanan-jauh di Israel.

Pada tahun 2021, partai ini berkoalisi dengan Otzma Yehudit, Noam, dan Atid Ehad. Partai ini menentang pernikahan sesama jenis.

3. Partai Yesh Atid

Yesh Atid merupakan sebuah partai politik sentris di Israel. Partai ini dibentuk oleh Yair Lapid pada 2012, dan bertujuan untuk mewakili apa yang dianggap sebagai kelompok utama dari masyarakat Israel kelas menengah sekuler.

Partai ini utamanya berfokus pada masalah-masalah sipil, sosio-ekonomi dan pemerintahan, reformasi pemerintah dan mengakhiri pengecualian wajib militer bagi ultra-Ortodoks.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)