Makan di Restoran Tanpa Jilbab, Perempuan Iran Ditangkap

Jum'at, 30 September 2022 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Beberapa orang di media sosial membandingkan tindakan Rad dengan tindakan Rosa Parks, aktivis hak-hak sipil kulit hitam Amerika yang menolak pemisahan di bus, mengumpulkan gambar Parks di bus dengan Rad di sebuah kafe.

Penulis lagu dan penyair terkemuka Mona Borzouei juga ditangkap, kata para aktivis, setelah dia memposting video dirinya membaca puisi yang menyatakan: "Kami akan mengambil tanah air ini kembali dari tanganmu."

Baca: Selebriti Iran Diperingatkan Tidak Jadi Provokator Aksi Protes Mahsa Amini

Aktivis mengatakan Iran berada dalam pergolakan salah satu tindakan keras paling ganas dalam beberapa tahun untuk menekan protes yang meletus setelah kematian Amini, dengan sekitar dua lusin wartawan serta aktivis dan tokoh budaya ditangkap.

Mantan pemain sepak bola internasional Iran Hossein Manahi ditangkap Jumat setelah mendukung protes di akun media sosialnya, kata kantor berita yang dikelola pemerintah IRNA.

Pasukan keamanan juga menangkap penyanyi Shervin Hajipour, yang lagu "Baray" ("Untuk") yang dibuat dari tweet tentang protes menjadi viral di Instagram, kata kelompok hak asasi Article 19 dan media berbahasa Persia yang berbasis di luar Iran.

Lagunya, yang ditonton jutaan kali di Instagram dan membuat banyak orang berkomentar bahwa lagu itu membuat mereka menangis, kini telah dihapus dari akunnya.

Baca: Dituding Menghasut Kerusuhan, Putri Mantan Presiden Iran Ditangkap
(ian)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1831 seconds (11.252#12.26)