Selebriti Iran Diperingatkan Tidak Jadi Provokator Aksi Protes Mahsa Amini

Jum'at, 30 September 2022 - 02:15 WIB
loading...
Selebriti Iran Diperingatkan Tidak Jadi Provokator Aksi Protes Mahsa Amini
Selebriti Iran Diperingatkan Tidak Jadi Provokator Aksi Protes Mahsa Amini. FOTO/Reuters
A A A
TEHERAN - Selebriti Iran diperingatkan untuk tidak mendukung protes yang berkobar di seluruh negeri atas kematian wanita muda Kurdi, Mahsa Amini . Ia tewas beberapa pekan lalu dalam tahanan polisi moral, yang lalu memicu gelombang protes di seluruh negeri.

Gelombang kerusuhan telah mengguncang Iran sejak wanita berusia 22 tahun itu meninggal pada 16 September, setelah dia ditangkap oleh polisi moral di Teheran karena dilaporkan gagal mematuhi aturan berpakaian ketat republik Islam itu untuk wanita.



Kekerasan jalanan telah menyebabkan kematian puluhan orang - kebanyakan pengunjuk rasa tetapi juga anggota pasukan keamanan - dan ratusan penangkapan.

"Kami akan menindak para selebritas yang mengobarkan api kerusuhan," kata Gubernur Provinsi Teheran, Mohsen Mansouri, seperti dikutip kantor berita ISNA.

Sejumlah olahragawan Iran serta aktor dan pembuat film telah memberikan dukungan mereka di belakang gerakan tersebut. Para selebriti itu meminta pihak berwenang untuk mendengarkan tuntutan rakyat.

Sutradara pemenang Oscar dua kali Iran Asghar Farhadi pada hari Minggu mendesak orang-orang di seluruh dunia untuk "berdiri dalam solidaritas" dengan para pengunjuk rasa.



“Mereka mencari hak-hak sederhana namun mendasar yang telah disangkal negara selama bertahun-tahun,” kata Farhadi, dalam pesan video di Instagram.

Pada pertandingan sepak bola melawan Senegal di Wina pada hari Selasa, seluruh tim Iran tetap mengenakan pakaian hitam selama lagu kebangsaan, daripada mengekspos strip nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)