Wapres AS dan PM Jepang Kecam Tindakan China di Selat Taiwan

Selasa, 27 September 2022 - 05:45 WIB
loading...
Wapres AS dan PM Jepang Kecam Tindakan China di Selat Taiwan
Wapres AS dan PM Jepang Kecam Tindakan China di Selat Taiwan. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris menegaskan kembali komitmen Washington untuk pertahanan Jepang selama pertemuan pada Senin (26/9/2022) dengan Perdana Menteri Fumio Kishida di Tokyo. Keduanya mengutuk tindakan China di Selat Taiwan.

"Mereka membahas provokasi agresif dan tidak bertanggung jawab Republik Rakyat China baru-baru ini di Selat Taiwan, dan menegaskan kembali pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Reuters.

Baca: China Peringatkan Asing Tidak Intervensi Masalah Taiwan

Dia juga menyebut komitmen AS terhadap keamanan Jepang "sangat ketat".Perjalanan Harris ke Asia, yang akan mencakup pemberhentian di Korea Selatan, terjadi beberapa hari setelah para pejabat China diguncang oleh janji eksplisit oleh Presiden AS Joe Biden untuk mempertahankan pulau itu.

China melihat Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai salah satu provinsinya. Beijing telah lama berjanji untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk melakukannya.

Pemerintah Taiwan sangat menentang klaim kedaulatan China dan mengatakan hanya 23 juta penduduk pulau itu yang dapat memutuskan masa depannya.

Para pembantunya mengatakan, Harris akan bekerja untuk membangun pendekatan terpadu untuk tantangan itu di kawasan itu, di mana para pemimpin dengan hati-hati menyaksikan meningkatnya ketegangan antara Washington dan Beijing.

Baca: China: AS Kirim Sinyal Berbahaya ke Taiwan

Biden diperkirakan akan mengadakan pertemuan tatap muka pertamanya sebagai presiden dengan Presiden China Xi Jinping selama pertemuan negara-negara G20 di Indonesia pada bulan November.

Harris, yang memimpin delegasi AS ke pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, juga membahas uji coba rudal balistik Korea Utara baru-baru ini dengan Kishida, serta pentingnya menyelesaikan masalah warga Jepang yang diculik oleh Korea Utara, kata pernyataan itu.

"Aliansi antara Jepang dan Amerika Serikat - ini adalah landasan dari apa yang kami yakini merupakan bagian integral dari perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik," yang mencakup China, kata Harris kepada Kishida selama pertemuan di Istana Akasaka Tokyo.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1188 seconds (10.55#12.26)