China Peringatkan Asing Tidak Intervensi Masalah Taiwan

Minggu, 25 September 2022 - 08:11 WIB
loading...
China Peringatkan Asing Tidak Intervensi Masalah Taiwan
Menteri Luar Negeri China Wang Yi. Foto/Nikkei
A A A
NEW YORK - Menteri Luar Negeri China Wang Yi memperingatkan para pemimpin dunia terhadap campur tangan di Taiwan, mengatakan kepada PBB Beijing akan mengambil "langkah-langkah kuat" untuk mencegah dukungan luar untuk kemerdekaan pulau itu.

"Kita harus memerangi kegiatan separatis kemerdekaan Taiwan dengan tekad yang paling kuat dan mengambil langkah paling kuat untuk menentang campur tangan eksternal," kata diplomat top China itu dalam pidato di Sidang Umum PBB seperti dikutip dari Deutsche Welle, Minggu (25/9/2022).

Menurut Wang Yi, setiap langkah untuk menghalangi reunifikasi China pasti akan dihancurkan oleh roda sejarah.

Baca: Presiden Xi Jinping: Tentara China Harus Fokus Bersiap Hadapi Permusuhan Nyata

China mempertahankan klaimnya atas Taiwan, yang terpisah dari daratan setelah perang saudara pada tahun 1949 dan sekarang memiliki pemerintahan sendiri. Kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi baru-baru ini secara signifikan telah meningkatkan ketegangan antara Washington dan Beijing.

Pada hari Jumat, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengadakan pembicaraan di sela-sela Sidang Umum PBB.

Awal pekan ini, Presiden AS Joe Biden telah mengatakan bahwa pasukan AS akan membela Taiwan jika terjadi invasi China. China menanggapi dengan mengatakan bahwa Washington seharusnya tidak mengirim "sinyal yang salah" berkaitan dengan kemerdekaan Taiwan.

Baca: China: AS Kirim 'Sinyal Berbahaya' ke Taiwan

"Hanya ketika China bersatu kembali sepenuhnya, perdamaian sejati dapat terjadi di seberang Selat Taiwan," kata Wang Yi.

Ia juga mengingatkan bahwa pemerintah RRC adalah satu-satunya pemerintahan yang mewakili seluruh China, mengacu pada nama resmi China, Republik Rakyat China.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2389 seconds (11.97#12.26)