Hindari Perintah Mobilisasi, Ribuan Warga Rusia Kabur ke Georgia

Selasa, 27 September 2022 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Penerbangan yang berangkat dari Moskow ke beberapa negara yang mempertahankan penerbangan langsung dengan Rusia telah terjual habis atau hanya memiliki sedikit tiket yang tersedia dengan harga astronomis.

Orang-orang Rusia yang sudah berada di Tbilisi melihat dekrit mobilisasi Putin sebagai pembenaran lebih lanjut atas keputusan mereka untuk melarikan diri.

"Saya datang ke Tbilisi sekitar satu setengah bulan yang lalu karena saya tidak mendukung invasi militer ke Ukraina," kata Ivan Streltsov, seorang tentara cadangan di angkatan bersenjata Rusia yang bisa saja direkrut secara paksa seandainya dia berada di Rusia.



"Saya ikut protes ketika operasi militer dimulai. Bagi kami sebagai aktivis, keadaan menjadi sangat sulit saat ini. Di tanah air kami sendiri, kami semua diawasi," katanya.

Lebih dari 200 pria yang ditahan pada protes anti-perang di Moskow pekan lalu dikeluarkan rancangan panggilan, media pemerintah melaporkan.Tetapi gelombang pendatang baru ke Tbilisi juga mengancam untuk menyalakan kembali sentimen anti-Rusia yang membara di Georgia - baik di antara penduduk lokal maupun para emigran Rusia yang sudah berada di ibu kota.

Bangunan, toko, museum, dan taman di seluruh Tbilisi masih ditempeli bendera Ukraina dan pesan pro-Kyiv, dan grafiti yang memberi tahu orang Rusia untuk "pulang" atau mencerca Putin adalah pemandangan umum.

Masyarakat lokal membenci dampak ekonomi dari puluhan ribu pendatang baru di kota berpenduduk lebih dari satu juta jiwa, dengan harga apartemen yang meroket selama enam bulan terakhir. Beberapa orang Rusia juga merasakan kecemasan tentang arus masuk terbaru.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)