Siapakah Ri Sol-ju? Istri Diktator Korea Utara Kim Jong-un

Sabtu, 24 September 2022 - 09:51 WIB
loading...
Siapakah Ri Sol-ju? Istri Diktator Korea Utara Kim Jong-un
Kim Jong-un dan istrinya, Ri Sol-ju, dalam sejumlah momen. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
JAKARTA - Ri Sol-ju telah muncul dalam foto selama bertahun-tahun menemani suaminya Kim Jong-un dalam kunjungan kenegaraan. Namun siapakah sebenarnya istri diktator muda Korea Utara itu?

Sangat sedikit informasi yang diketahui tentang Ri, termasuk berapa usia sebenarnya, siapa orang tuanya dan seperti apa kehidupannya sebelum menikah dengan Kim Jong-un.

Bahkan namanya tetap menjadi misteri, karena pengamat percaya Ri sebenarnya adalah nama samaran yang dirancang untuk menjaga rahasia hidupnya sebelum menikah.

Dikutip dari Daily Mail, Sabtu (24/9/2022), Dia pertama kali difoto di lengan Kim Jong-un pada 2012 di sebuah konser. Korea Utara kemudian mengkonfirmasi bahwa dia adalah istri Kim, tetapi tidak mengatakan apa-apa lagi tentangnya.

Dia kemudian muncul bersamanya beberapa kali antara 2012 dan 2014 sebelum menghilang dari pandangan publik hingga saat ini, ketika kehadirannya menjadi jauh lebih jelas.

Sumber yang berbicara di media Korea Selatan ketika dia pertama kali diidentifikasi mengatakan Ri adalah mantan pemandu sorak dan penyanyi, dan memberikan tahun kelahirannya antara tahun 1985 dan 1989.

Dia dikatakan pada tahun 2005 mengunjungi Korea Selatan selama Kejuaraan Atletik Asia sebagai bagian dari regu pemandu sorak Korea Utara.

Baca: Kapal Induk AS Tiba di Korea Selatan untuk Peringatkan Korea Utara

Sumber lain mengatakan dia adalah seorang penyanyi orkestra Unhasu yang mungkin telah tampil untuk Kim Jong-un dan mending ayahnya, Kim Jong-il, selama konser Tahun Baru pada tahun 2010.

"Ada kemungkinan Jong-un memilihnya sebagai istrinya setelah melihatnya di gedung konser," kata surat kabar Chosun Ilbo saat itu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1636 seconds (11.252#12.26)