Delapan Penyakit Infeksi Paling Mematikan di Dunia

Jum'at, 03 Juli 2020 - 13:03 WIB
loading...
Delapan Penyakit Infeksi Paling Mematikan di Dunia
Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JAKARTA - Dunia saat ini tengah menghadapi pandemi virus Corona baru, Covid-19 . Penyakit mematikan ini telah menyebar ke hampir setiap sudut bumi, memaksa umat manusia tetap di rumah dan setiap negara menutup perbatasannya, serta memicu kemerosotan ekonomi.

Virus Covid-19 pertama kali muncul di kota Wuhan, China, dan kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia. Hingga saat ini tercatat lebih dari 10 juta manusia telah terinfeksi dengan lebih dari 500 ribu meninggal dan 6 juta lebih dinyatakan sembuh.

Virus Corona menimbulkan beragam gejala pada pengidapnya. Gejala ringannya tidak jauh berbeda dengan gejalah flu seperti pusing, batuk, dan hidung beringus. Namun jika sudah parah, virus ini dapat menyebabkan pneumonia yang mematikan.

Meski begitu, Covid-19 bukanlah satu-satunya penyakit infeksi mematikan di dunia. Ada sejumlah penyakit yang disebabkan infeksi virus, bakteri atau amuba yang bisa menghilangkan nyawa seseorang. Dalam rangka menyambut HUT ke-8 Sindonews, kami akan menyajikan delapan penyakit menular paling mematikan di dunia yang disitir dari CBS, Jumat (3/7/2020).

1. Penyakit Sapi Gila

Tingkat kematian: 100%

Ketika manusia terjangkit penyakit sapi gila, dokter menyebutnya sebagai penyakit Creutzfeldt-Jakob. Penyakit ini dianggap langka: rata-rata 350 kasus dilaporkan di Amerika Serikat setiap tahun.

Tidak jelas apa penyebab penyakit yang sebagian besar kasusnya menyebabkan gangguan neurologis mematikan ini. Gejalanya meliputi perubahan kepribadian, insomnia, hilangnya kontrol otot dan halusinasi.

2. Rabies

Tingkat kematian: 100%
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)