Apa yang Akan Terjadi Jika Putin Nekat Pencet Tombol Serangan Nuklir?

Kamis, 22 September 2022 - 14:59 WIB
loading...
A A A
Kemungkinan besar akan dipimpin oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang menolak untuk menguraikan secara rinci tanggapannya terhadap potensi serangan nuklir taktis atau senjata kimia dalam sebuah wawancara pekan lalu.

"Jangan, jangan, jangan," kata Biden ketika ditanya bagaimana dia akan bereaksi terhadap Putin yang menggunakan senjata semacam itu. "Itu akan mengubah wajah perang tidak seperti apa pun sejak Perang Dunia II."

Ketika didorong untuk perincian, dia menambahkan: "Anda pikir saya akan memberi tahu Anda jika saya tahu persis apa itu? Tentu saja saya tidak akan memberi tahu Anda. Itu akan menjadi konsekuensi. Mereka akan menjadi lebih paria di dunia dari sebelumnya dan sejauh mana apa yang mereka lakukan akan menentukan respons apa yang akan terjadi."

Jika radiasi dari bom nuklir di Ukraina menyebar ke sekutu NATO di Eropa seperti Polandia, ini bisa memicu Pasal 5 dari perjanjian pertahanan NATO—yang akan melihat Inggris, Amerika Serikat dan sekutu mereka datang ke pertahanan Polandia. Bagaimana ini
akan terjadi juga masih belum jelas.

Respons dari Sekutu Rusia

Pernyataan baru-baru ini dari China dan India, dua sekutu yang awalnya tetap netral dalam perang Putin, menunjukkan bahwa negara-negara tersebut sekarang menjauhkan diri dari konflik. Ini menunjukkan bahwa mereka hampir tidak ingin melihat eskalasi besar lainnya dari Putin.

China pada hari Rabu mengeluarkan pernyataan yang mendesak gencatan senjata melalui dialog untuk menyelesaikan invasi, menunjukkan bahwa Beijing menentang Moskow mengambil langkah drastis, seperti perang nuklir.

"Setiap langkah menuju nuklir taktis atau WMD [senjata pemusnah massal]—maka Rusia segera kehilangan China, sekutu mereka yang paling berharga," kata Dr Paul Dorfman, pakar keselamatan nuklir yang telah memberi nasihat kepada pemerintah Inggris, dalam sebuah posting Twitter, seperti dikutip The Telegraph, Kamis (22/9/2022).

"Faktanya, Putin kehilangan segalanya."
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)