Apa yang Akan Terjadi Jika Putin Nekat Pencet Tombol Serangan Nuklir?

Kamis, 22 September 2022 - 14:59 WIB
loading...
A A A
Tetapi cheget tidak memiliki "tombol merah" nuklir. Sebaliknya, ia mengirimkan perintah ke Staf Umum Rusia, atau komando militer pusat.

Komando pusat ini memiliki dua cara untuk memulai peluncuran—mereka dapat mengirim kode ke komandan senjata atau menggunakan sistem cadangan yang melewati semua rantai komando untuk meluncurkan senjata nuklir berbasis darat.

Jika Putin membuka cheget-nya dan memberi perintah, orang hanya bisa berspekulasi apakah komando pusat Rusia akan mengikutinya. Ada desas-desus bahwa pemimpin Rusia menghadapi kritik internal yang sengit atas kegagalan dalam invasi ke Ukraina sejauh ini.

Mungkin perintah untuk meluncurkan senjata nuklir ke Ukraina atau sekutu NATO bisa menjadi langkah yang terlalu jauh bahkan untuk jenderal terdekatnya.

Gertakan Putin

Para pemimpin Barat sebagian besar telah menolak kata-kata Putin sebagai gertakan, meskipun ancaman eksplisitnya menegaskan sebaliknya.

Fakta bahwa ancaman nuklir sebelumnya tidak didukung agak melemahkan hal ini. Hanya beberapa hari setelah invasi, Putin menempatkan penangkal nuklir Rusia dalam siaga tinggi. Dia juga memperingatkan para pendukung Ukraina bahwa jika mereka melakukan intervensi maka mereka akan "menghadapi konsekuensi yang belum pernah Anda hadapi dalam sejarah Anda".

Jaringan propaganda Rusia juga telah berulang kali membuat ancaman penghancuran nuklir terhadap Barat sejak invasi dimulai.

Dalam contoh yang mungkin paling mengkhawatirkan dari hal ini, pembawa acara televisi pemerintah Rusia Olga Skabeeva mengatakan dalam siaran langsung bahwa Moskow seharusnya mengebom nuklirInggris pada hari pemakaman Ratu Elizabeth II untuk menyebabkan kekacauan maksimum.

Andrey Gurulyov, anggota Duma Rusia, setuju dengan menjawab bahwa Inggris dapat diubah menjadi "gurun Mars".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)