Mengapa Banyak Orang Yahudi Amerika Dukung Palestina? Ternyata Ini Sebabnya!

Senin, 19 September 2022 - 21:00 WIB
loading...
Mengapa Banyak Orang Yahudi Amerika Dukung Palestina? Ternyata Ini Sebabnya!
Beberapa orang membawa bendera Amerika Serikat dan Israel. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Berbicara tentang Yahudi, sebagian orang mungkin akan langsung merujuk kepada Israel. Hal tersebut mungkin tidak sepenuhnya salah karena faktanya Israel sendiri diketahui sebagai negara dengan mayoritas penduduknya menganut agama Yahudi.

Namun, perlu diketahui juga bahwa di negara lain juga ada pemeluk Yahudi, termasuk Amerika Serikat (AS).

Dikenal sebagai sekutu dekat Israel, ternyata ada sebagian orang Yahudi di Amerika yang mendukung Palestina dalam konfliknya dengan Tel Aviv.

Dikutip dari laman Arab News, gejolak kekerasan dalam konflik Israel-Palestina telah memecah sebagian masyarakat AS.

Baca juga: Pasukan Israel Memasuki Suriah, Tembaki 4 Orang di Dekat Perbatasan

Dalam hal ini, terdapat pergeseran opini publik Amerika terhadap dukungannya untuk Palestina, termasuk dari kalangan Yahudi.

Bukan berarti mendukung Hamas, melainkan membela penderitaan yang dialami rakyat Palestina atas konflik berkepanjangan tersebut.

Sementara Israel bergerak ke kanan dan menjadi lebih nasionalis serta ortodoks agamis, orang Yahudi Amerika justru lebih liberal dan progresif, serta mayoritas dari mereka mendukung Partai Demokrat.

Sumber utama ketegangan yang berkembang antara elemen liberal-progresif antara Yahudi Amerika dan Israel adalah pendudukan Israel di Tepi Barat dan Gaza serta penindasannya terhadap rakyat Palestina.

Perubahan sikap di kalangan Yahudi Amerika tidak hanya diselaraskan dengan peristiwa di Timur Tengah, tetapi juga karena perkembangan di AS dalam kaitannya dengan hak asasi manusia secara umum dan ketidakadilan terhadap minoritas.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1742 seconds (11.97#12.26)