Terungkap, NATO Sudah Lama Merencanakan Perluasan Wilayah Dekat Rusia

Minggu, 18 September 2022 - 12:54 WIB
loading...
Terungkap, NATO Sudah Lama Merencanakan Perluasan Wilayah Dekat Rusia
NATO telah lama merencanakan perluasan wilayah hingga dekat Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
TALLINN - Ketua Komite Militer NATO Rob Bauer mengatakan aliansi itu mulai berencana untuk meningkatkan kehadirannya di sepanjang "tahun" sayap timurnya sebelum Rusia memulai operasi militer khusus di Ukraina.

“Para pemimpin militer memiliki kerangka acuan yang sama untuk ancaman aliansi dan ancaman regional, dan bahwa kami meningkatkan kecepatan dan efektivitas pasukan kami yang dapat dikerahkan dengan cepat. Kami berbicara tentang perombakan terbesar struktur militer kami sejak 1949. Perencanaan untuk itu dimulai beberapa tahun lalu, tetapi sekarang kami menerapkannya,” kata Bauer, berbicara kepada wartawan pada konferensi pers di Konferensi Komite Militer NATO di Tallinn, Estonia pada Sabtu.

Bauer mengatakan pada pertemuan itu para kepala pertahanan NATO membahas perlunya mempertahankan dan meningkatkan dukungan sekutu ke Ukraina," pada pertemuan hari Sabtu.

“Amunisi, peralatan, dan pelatihan yang diberikan oleh sekutu dan negara lain semuanya membuat perbedaan nyata di medan perang. Dengan keberhasilannya di lapangan dan online, Ukraina secara fundamental telah mengubah peperangan modern,” ujar perwira itu.

“NATO akan mendukung Ukraina selama yang dibutuhkan,” tambahnya seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (18/9/2022).

Berbicara bersama Bauer, kepala Pasukan Pertahanan Estonia Martin Herem mengatakan bahwa prioritas kolektif NATO adalah untuk menolak kemungkinan Rusia untuk mengubah tatanan internasional berbasis aturan hari ini, termasuk dengan menempatkan lebih banyak pasukan di sepanjang perbatasannya.

“Pertahanan ke depan bukan hanya tentang jumlah pasukan sekutu di perbatasan timur. Seluruh rantai harus berada di tempatnya. Itu berarti memiliki campuran pasukan nasional dan sekutu yang tepat, bala bantuan yang diketahui, rencana lanjutan yang terkait dengan pasukan yang ditugaskan dan C2 (komando dan kontrol) yang ditugaskan,” terang Herem.



Menegaskan pernyataan Bauer tentang perlunya “mendukung” Kiev, Herem menekankan bahwa sangat penting untuk memastikan kohesi dan persatuan sekutu.

"Musim dingin akan sulit tetapi (kita) harus tetap bersatu dan tetap berkomitmen dalam beberapa bulan mendatang," katanya.

Kepala pertahanan dari Finlandia dan Swedia bergabung dalam diskusi hari Sabtu, dan Bauer menyebut diharapkan dengan masuknya mereka ke dalam aliansi di beberapa titik di masa depan adalah kabar baik untuk blok tersebut.

“Kami mendapatkan wilayah ekstra untuk dipertahankan sebagai aliansi, dan kami mendapatkan perbatasan panjang dengan Rusia. Tetapi kami juga mendapatkan angkatan bersenjata Finlandia dan Swedia, yang sangat mampu, untuk membantu kami mempertahankan wilayah ekstra itu dan mempertahankan perbatasan yang lebih panjang itu," tuturnya.

"Rusia akan memiliki perbatasan yang lebih panjang dengan NATO tanpa mendapatkan pasukan tambahan. Jadi saya pikir aksesi Finlandia dan Swedia bermanfaat bagi aliansi dan menciptakan lebih banyak masalah bagi Rusia,” imbuhnya.

Pejabat itu mengatakan implementasi kesepakatan yang dicapai pada pertemuan puncak di Madrid pada bulan Juni tentang peningkatan perbatasan timur blok itu "sedang berlangsung," dan tidak ada masalah untuk dilaporkan di front itu.

Pada KTT Madrid, NATO setuju untuk membentuk empat kelompok pertempuran baru di Bulgaria, Hongaria, Rumania dan Slovakia, serta mengerahkan kekuatan yang kuat dan siap tempur di sisi timur Aliansi.



Sementara itu, Amerika Serikat (AS) bergerak untuk mendirikan pangkalan darat baru di Polandia, sekitar 280 km barat daya eksklave Rusia Kaliningrad, dan meningkatkan kehadirannya di Rumania dengan 3.000 tentara.

Sebelumnya, Washington juga meningkatkan jejak militernya di Eropa sebanyak 20.000 tentara, sehingga jumlah totalnya menjadi 100.000. AS juga mengerahkan dua skuadron tambahan jet tempur F-35 ke Inggris, dan mengirim dua kapal perusak lagi ke Naval Station Rota di Spanyol, sehingga totalnya menjadi enam.

NATO telah mengalami beberapa gelombang ekspansi antara 1999 dan 2020, menelan setiap mantan anggota Pakta Warsawa yang dipimpin Soviet, tiga republik bekas Soviet dan empat republik dari bekas Yugoslavia.

Perluasan itu terjadi meskipun mantan Menteri Luar Negeri AS James Baker berjanji secara lisan kepada pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev pada tahun 1990 untuk tidak memperluas aliansi "satu inci" ke timur wilayah bekas Jerman Timur menyusul pencaplokan negara itu oleh Republik Federal.

Pada tahun 2008, NATO mengakui aspirasi pemerintah Ukraina dan Georgia yang pro-Barat untuk melihat negara mereka bergabung dengan aliansi, yang memicu kekhawatiran keamanan serius dari Moskow. Ketegangan antara Rusia dan Barat diperburuk pada tahun 2014, setelah pemerintah Ukraina digulingkan dalam kudeta yang diatur oleh Washington, dan pemerintah pasca-kudeta di Kiev menegaskan kembali ambisinya untuk bergabung dengan Uni Eropa dan NATO.

Pada akhir 2021, Rusia mempresentasikan NATO dan AS satu set perjanjian keamanan kembar yang diusulkan yang dirancang untuk secara dramatis meredakan ketegangan dan meningkatkan hubungan antara Moskow dan blok Barat.

Rancangan perjanjian termasuk proposal jaminan tertulis yang mengikat secara hukum oleh Rusia di satu sisi dan AS dan NATO di sisi lain untuk tidak mengerahkan pasukan, pesawat terbang, kapal perang dan sistem rudal di daerah-daerah di mana mereka mungkin dianggap sebagai ancaman keamanan bagi negara lain.



NATO diminta untuk berjanji untuk tidak melanjutkan ekspansi ke timur, dan membatalkan rencana untuk memasukkan Ukraina dan bekas republik Soviet lainnya ke dalam blok tersebut. Aliansi Barat juga diminta untuk tidak mengerahkan pasukan atau sistem senjata tambahan di wilayah anggota NATO yang bergabung dengan blok tersebut setelah berakhirnya Perang Dingin.

Namun AS dan NATO menolak keras proposal jaminan keamanan Rusia, dengan para pejabat menekankan bahwa kebijakan "pintu terbuka" blok Barat untuk keanggotaan akan tetap tidak berubah.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)