Tua-tua Keladi! Ultah 60 Tahun, Spiderman Prancis Panjat Gedung 48 Lantai di Paris

Minggu, 18 September 2022 - 11:15 WIB
loading...
Tua-tua Keladi! Ultah 60 Tahun, Spiderman Prancis Panjat Gedung 48 Lantai di Paris
Pemanjat gedung pencakar langit yang dijuluki Spiderman Prancis, Alain Robert, memanjat gedung setinggi 48 lantai di Paris untuk merayakan hari jadinya yang ke-60. Foto/The Guardian
A A A
PARIS - Pendaki gedung-gedung pencakar langit yang dijuluki Spiderman Prancis, Alain Robert, memanjat gedung pencakar langit 48 lantai di Paris. Aksi itu dilakukan untuk memenuhi niatnya untuk mendaki gedung tersebut saat ia mencapai usia 60 tahun.

Robert telah memanjat banyak gedung tertinggi di dunia yang seringkali dilakukannya tanpa izin.

Mengenakan pakaian merah pada hari Sabtu, Robert mengangkat tangannya tinggi-tinggi saat mencapai puncak gedung Tour Total setinggi 187 meter, yang menjulang di atas distrik bisnis La Defense di Ibu Kota Prancis, Paris.

“Saya ingin mengirim pesan kepada orang-orang bahwa menjadi 60 bukanlah apa-apa. Anda tetap bisa berolahraga, aktif, melakukan hal-hal luar biasa,” kata Robert, yang berulang tahun ke-60 bulan lalu.

“Saya berjanji pada diri sendiri beberapa tahun yang lalu bahwa ketika saya mencapai 60, saya akan memanjat menara itu lagi karena 60 melambangkan usia pensiun di Prancis dan saya pikir itu adalah sentuhan yang bagus,” imbuhnya seperti dikutip dari The Guardian, Minggu (18/9/2022).

Baca: Pria Ini Naiki Peti Mati Ratu Elizabeth II dan Copot Bendera, Para Pelayat Ketakutan

Robert, yang juga ingin menggunakan pendakiannya untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya tindakan terhadap krisis iklim, telah beberapa kali mendaki gedung Tour Total.

Dia mulai mendaki pada tahun 1975, berlatih di tebing dekat kota kelahirannya Valence di Prancis selatan. Dia melakukan pendakian solo pada tahun 1977 dan dengan cepat menjadi pemanjat top.

Sejak itu, ia telah memanjat lebih dari 150 bangunan menjulang di seluruh dunia, termasuk Burj Khalifa Dubai – gedung tertinggi di dunia – Menara Eiffel dan Jembatan Golden Gate San Francisco.

Dia juga telah ditangkap beberapa kali. Dia memanjat tanpa sabuk pengaman, hanya menggunakan tangan kosong, sepasang sepatu panjat, dan sekantong bubuk kapur untuk menyeka keringat.

Pada Oktober 2018, ia ditangkap setelah memanjat Menara Salesforce London setinggi 202 meter – sebelumnya Menara Heron – tanpa tali atau peralatan keselamatan lainnya.

Baca: Talk Show Selamatkan Nyawa Politisi Pro-Rusia di Kherson

Pada September 2019, Robert ditahan oleh polisi Jerman setelah memanjat gedung bertingkat tinggi di Frankfurt.

Robert, yang saat itu berusia 57 tahun, membutuhkan waktu 20 menit untuk mendaki gedung Skyper setinggi 153 meter di jantung Ibu Kota keuangan Jerman.

Robert termasuk salah satu pendaki terhebat dalam sejarah dan mengklaim bahwa fokus adalah rahasia kemampuannya.

“Dalam permainan saya,” kata Robert pada bulan April, “ada kehidupan di satu sisi, kematian di sisi lain.” Pilihannya sederhana: "Ini takut atau fokus."

“Sebelum mendaki, saya takut,” akunya. Tapi begitu jarinya menyentuh pegangan pertama, ketakutannya menguap.

“Saya menjadi orang yang berbeda (dan) memasuki dunia lain,” ungkapnya.

Baca: Membludak, Antrian Pelayat Ratu Elizabeth II Dihentikan Sementara

(ian)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3767 seconds (11.252#12.26)