Pasukan Taliban dan Pakistan Baku Tembak di Perbatasan, Ini Sebabnya

Minggu, 18 September 2022 - 01:01 WIB
loading...
Pasukan Taliban dan Pakistan Baku Tembak di Perbatasan, Ini Sebabnya
Pasukan Taliban dan Pakistan berjaga di perbatasan Torkham saat warga Afghanistan menunggu pembukaan kembali gerbang perbatasan untuk memasuki Pakistan setelah pengambilalihan Taliban pada 19 September 2021, di Torkham, Pakistan. Foto/Anadolu Agency
A A A
ISLAMABAD - Baku tembak pecah antara pasukan Taliban Afghanistan dan Pakistan pekan ini di perbatasan antara kedua negara.

Taliban mengklaim bentrok itu dipicu Pakistan yang membangun satu pos militer.

Bentrokan terjadi di perbatasan di Provinsi Paktia Afghanistan dan wilayah Kurram Pakistan awal pekan ini. Insiden itu dilaporkan menyebabkan jumlah korban yang tidak jelas di kedua belah pihak.

Menurut pernyataan pada Rabu oleh juru bicara Taliban Bilal Karimi, "Pasukan Pakistan mencoba mendirikan satu pos militer di dekat garis perbatasan, setelah itu pihak berwenang Afghanistan berusaha mendekati dan berbicara dengan para pejabat Pakistan.”

Baca juga: China Dituding Bersiap Rebut Taiwan pada 2027

“Namun mereka tampaknya ditembaki. Kedua belah pihak terlibat baku tembak, yang mungkin mengakibatkan hilangnya nyawa," ujar Karimi.

Juru bicara tersebut menyatakan pemerintah Afghanistan sedang menyelidiki masalah ini dan mengungkapkan kepemimpinan kedua negara telah berhubungan untuk memastikan insiden seperti itu tidak terulang.

Namun, pihak militer Pakistan mengklaim "teroris dari dalam Afghanistan" menembaki pasukan Pakistan yang ditempatkan di Kurram, yang mengakibatkan "korban besar" bagi para pemberontak itu.

Baca juga: Hamas Ingin Pulihkan Hubungan dengan Arab Saudi

Pernyataan itu menambahkan, "Pakistan mengutuk keras penggunaan tanah Afghanistan oleh teroris untuk kegiatan melawan Pakistan dan mengharapkan pemerintah Afghanistan tidak akan mengizinkan melakukan kegiatan seperti itu di masa depan."
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1538 seconds (10.177#12.26)