Xi Jinping Diundang Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth, Legislator Inggris Mencak-mencak

Kamis, 15 September 2022 - 18:59 WIB
loading...
Xi Jinping Diundang Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth, Legislator Inggris Mencak-mencak
Momen Presiden China bertemu dengan Ratu Elizabeth II di Istana Buckingham pada 2015 lalu. Foto/SCMP
A A A
LONDON - Pemerintah China seharusnya tidak diundang ke pemakaman Ratu Elizabeth II. Hal itu diungkapkan seorang anggota parlemen Inggris mewakili koleganya.

Anggota parlemen Senior Partai Konservatif, Tim Loughton dan Sir Iain Duncan Smith termasuk di antara mereka yang telah menulis surat kepada Commons and Lords Speakers untuk menyatakan keprihatinannya.

Mereka mengatakan luar biasa bahwa arsitek genosida terhadap minoritas Uighur telah diundang.

Sekedar informasi, Presiden China Xi Jinping ada dalam daftar tamu untuk pemakaman kenegaraan tetapi diperkirakan tidak akan hadir. Kunjungannya ke Kazakhstan dan Uzbekistan minggu ini menandai pertama kalinya dia meninggalkan China sejak awal pandemi Covid.

Pada hari Rabu, Kementerian Luar Negeri China mengatakan Beijing sedang mempertimbangkan untuk mengirim delegasi tingkat tinggi ke pemakaman Rau Elizabeth II, meskipun tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan.

South China Morning Post melaporkan bahwa Wakil Presiden China Wang Qishan diperkirakan akan menghadiri pemakaman tersebut, mengutip sumber-sumber diplomatik.



Surat kepada Commons and Lords Speakers, yang pertama kali dilaporkan oleh Politico, juga ditandatangani oleh rekan Crossbench Lord Alton dan rekan Buruh Baroness Kennedy.

Semua penandatangan telah diberi sanksi oleh China karena kritik vokal mereka terhadap negara itu, terutama atas perlakuannya terhadap kelompok minoritas Muslim Uighur.

Tahun lalu, House of Commons menyatakan bahwa genosida sedang terjadi terhadap Muslim Uighur di barat laut China, dengan lebih dari satu juta orang diperkirakan telah ditahan di kamp-kamp di wilayah Xinjiang.

China telah membantah tuduhan itu, mengklaim kamp-kamp itu adalah fasilitas "pendidikan ulang" yang digunakan untuk memerangi terorisme.

"Kami sangat prihatin mendengar bahwa pemerintah China telah diundang untuk menghadiri pemakaman kenegaraan minggu depan, meskipun negara-negara lain Rusia, Belarusia dan Myanmar dikecualikan," bunyi surat itu.

“Mengingat Parlemen Inggris telah memilih untuk mengakui genosida yang dilakukan oleh pemerintah China terhadap orang-orang Uighur, luar biasa bahwa arsitek genosida itu harus diperlakukan dengan cara yang lebih baik daripada negara-negara yang telah dilarang,” sambung surat itu seperti dikutip dari BBC, Kamis (15/9/2022).



Mereka menambahkan bahwa itu sangat tidak pantas, mengingat tujuh anggota parlemen telah diberi sanksi oleh pemerintah China dan Duta Besar China telah dilarang untuk hadir di Istana Westminster.

Mereka juga meminta jaminan bahwa tidak ada perwakilan pemerintah China yang diizinkan datang ke Istana Westminster, dengan mengatakan hal ini sepenuhnya tidak pantas.

Kelompok legislator itu mengatakan mereka juga telah menulis surat kepada Menteri Luar Negeri Inggris tentang masalah ini.

Presiden Xi Jinping termasuk di antara para pemimpin dunia yang menyatakan belasungkawa setelah kematian Ratu Elizabeth II, mencatat bahwa dia adalah raja Inggris pertama yang mengunjungi China.

Menurut media pemerintah, presiden China mengatakan dia sangat mementingkan hubungan antara kedua negara dan siap bekerja dengan Raja Charles III untuk mempromosikan perkembangan hubungan bilateral yang sehat dan stabil.

Pada hari Senin, Wang juga mengunjungi kedutaan Inggris di Beijing bersama duta besar Inggris untuk China, Caroline Wilson, untuk menandatangani buku belasungkawa untuk Ratu.



Sekitar 500 kepala negara dan pejabat asing, termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, diperkirakan akan hadir, dengan mengundang kepala negara mana pun yang memiliki hubungan diplomatik dengan Inggris.

Namun, seperti disebutkan di atas, perwakilan dari Rusia dan Belarusia tidak diundang karena invasi ke Ukraina, juga tidak ada perwakilan dari Myanmar karena putusnya hubungan diplomatik setelah kudeta militer tahun lalu.

Perwakilan dari Suriah, Venezuela dan Afghanistan juga tidak ada dalam daftar tamu, sumber pemerintah mengatakan kepada BBC, dan Korea Utara, Iran dan Nikaragua hanya diundang untuk mengirim duta besar.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)