Perang Rusia-Ukraina, Negara Mana yang Akan Jadi Sekutu Moskow?

Senin, 12 September 2022 - 14:19 WIB
loading...
A A A
Sebuah tweet dari akun Twitter resmi Parlemen Ukraina mengeklaim bahwa “bantuan” dari Belarusia telah memasuki wilayah Chernihiv, di Ukraina utara.

Meski begitu, Inggris telah memberlakukan sanksi pada sejumlah pejabat Belarusia. Sanksi itu telah memicu kekacauan ekonomi pada Putin dan orang-orang terdekatnya.

Kantor Luar Negeri Inggris mengatakan bahwa militer Belarusia telah mendukung dan memungkinkan invasi Rusia ke Ukraina.

Myanmar juga memihak Rusia dalam invasinya ke Ukraina.

Juru bicara Myanmar, Zaw Min Tun, mengatakan militer Moskow telah melakukan beberapa upaya untuk keberlanjutan kedaulatan negara mereka.

“Rusia menunjukkan posisinya kepada dunia sebagai kekuatan dunia,” katanya dalam pernyataan.

Venezuela, yang terkenal dekat dengan Rusia, belum secara terbuka mendukung invasi Moskow ke Ukraina. Namun, negara sosialis itu mengecam Amerika Serikat karena diduga membantu melanggar perjanjian Minsk.

"Republik Bolivarian Venezuela mengungkapkan kekhawatirannya atas memburuknya krisis di Ukraina, dan menyayangkan kelalaian serta pelanggaran perjanjian Minsk pada pihak NATO, yang didorong oleh Amerika Serikat," kata Kementerian Luar Negeri Venezuela dalam sebuah pernyataan.

Perjanjian Minsk adalah serangkaian perjanjian internasional yang berusaha untuk mengakhiri perang di wilayah Donbas Ukraina.

Suriah, sekutu utama Rusia di Timur Tengah, juga mendukung tindakan Putin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)