7 Negara yang Belum Diakui PBB, Salah Satunya Palestina

Sabtu, 03 September 2022 - 18:12 WIB
loading...
A A A
Hanya tiga anggota PBB saja yang mengakui entitas kemerdekaan negara ini—Abkhazia, Ossetia Selatan, dan Transnistria. Semua wilayah itu juga belum diakui sebagai sebuah negara yang berdaulat.

5. Kosovo

Kosovo adalah sebuah wilayah Serbia yang berpenduduk sebagian besar orang Alba ini telah mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 2008. Sebanyak 110 anggota PBB telah mengakui otonominya.

Meskipun begitu, Kosovo masih belum menjadi anggota PBB karena China dan Rusia sempat memberikan hak veto dan menyatakan kemerdekaan wilayah ini secara ilegal.

Ditambah lagi, kemerdekaan Montenegro membuat wilayah ini mengalami kerugian teritorial substansial. Itulah yang membuat negara ini sulit untuk diakui.

6. Taiwan

Taiwan, yang juga dikenal dengan nama Republik China ini memang telah memiliki pemerintahan independen sejak tahun 1949. Namun, China sampai saat ini menganggap Taiwan sebagai wilayahnya. China juga menentang keras Taiwan menjadi anggota PBB.

Meskipun begitu, Amerika Serikat mendukung partisipasi Taiwan di PBB dan menyatakan menyesal bila negara ini dikeluarkan dari panggung dunia.

Taiwan telah diakui oleh 22 anggota PBB sebagai negara yang berdaulat. Namun sampai saat ini masih banyak negara belum mengakui Republik China ini.

7. Palestina
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)