7 Negara yang Belum Diakui PBB, Salah Satunya Palestina

Sabtu, 03 September 2022 - 18:12 WIB
loading...
7 Negara yang Belum Diakui PBB, Salah Satunya Palestina
Ada tujuh negara yang belum diakui PBB, salah satunya Palestina. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada 7 negara yang belum diakui PBB, organisasi internasional yang dalam pelaksanaan tugasnya dapat memberikan peresmian bahwa suatu negara telah diakui oleh dunia.

Dilansir dari Le Journal International Archives, menurut PBB pengakuan negara atau pemerintahan baru hanya dapat dilakukan oleh negara dan pemerintahan lain. Sementara organisasi internasional ini tidak berhak untuk memberi pengakuan terhadap suatu negara.

Negara yang hendak diberi pengakuan harus mengajukan permohonan kepada Sekretaris Jenderal PBB, serta surat yang menerima semua persyaratan Piagam PBB.

Langkah selanjutnya diambil oleh Dewan Keamanan PBB, yang memeriksa permintaan sebelum tunduk pada pemungutan suara oleh 193 anggota PBB. Banyak negara yang ingin diakui oleh PBB, namun masih belum bisa dianggap karena kurangnya persyaratan.

Berikut 7 negara yang belum diakui PBB :

1. Ossetia Selatan

Negara yang belum diakui PBB ini merupakan wilayah separatis Georgia. Konflik antara Ossetia yang mendapat dukungan Rusia dengan Georgia telah menjadi sejarah panjang.

Ossetia hanya memiliki populasi sekitar 53.000 jiwa karena perang dan emigrasi. Negara ini sepenuhnya bergantung pada Rusia baik secara ekonomi maupun diplomatik.

Wilayah ini juga belum diakui sebagai negara karena dalam sidang PBB hanya 4 negara saja yang mengakui kemerdekaannya yaitu, Nikaragua, Venezuela, Suriah, dan Nauru.

Ossetia Selatan hampir tidak memiliki industri, dan bahkan hampir tidak dapat memperoleh manfaat dari ekonomi pertaniannya karena birokrasi yang terlibat dalam mengekspor produk ke Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0820 seconds (0.1#10.140)