Bom Meledak di Saat Salat Jumat, 18 Tewas Termasuk Ulama Pro Taliban

Jum'at, 02 September 2022 - 21:44 WIB
loading...
A A A
Mujib Rahman Ansari dengan keras membela Taliban pada pertemuan besar ribuan ulama dan tetua yang diselenggarakan oleh kelompok itu pada akhir Juni lalu, mengutuk siapa pun yang menentang pemerintahannya.



Ansari adalah ulama pro-Taliban kedua yang tewas akibat serangan bom dalam waktu kurang dari sebulan, setelah Rahimullah Haqqani meninggal dalam serangan bom bunuh diri di madrasahnya di Kabul. Haqqani dikenal karena pidato kemarahannya terhadap kelompok bersenjata afiliasi ISIS di Afghanistan, yang kemudian mengaku bertanggung jawab atas kematiannya.

Taliban mengatakan mereka telah meningkatkan keamanan di negara itu sejak mengambil alih kekuasaan sekitar setahun yang lalu tetapi ada beberapa ledakan dalam beberapa bulan terakhir, beberapa di antaranya terjadi saat-saat jam-jam salat yang di sibuk di masjid-masjid.

Serangan masjid sebelumnya telah diklaim oleh ISIS, yang telah melakukan serangkaian serangan terhadap agama dan etnis minoritas di Afghanistan, serta Taliban.

Masjid Herat menarik pengikut Islam Sunni, aliran dominan di Afghanistan yang juga diikuti oleh Taliban.

ISIS di Afghanistan telah meluncurkan beberapa serangan bunuh diri selama salat Jumat dengan fokus menargetkan Muslim Syiah.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)