3 Negara yang Pernah Berperang dengan China

Jum'at, 02 September 2022 - 19:12 WIB
loading...
3 Negara yang Pernah Berperang dengan China
Tiga negara yang pernah berperang dengan China. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - China atau biasa disebut Tiongkok adalah negara di Asia Timur yang merupakan Negara Asia terbesar dengan jumlah populasinya paling banyak di dunia.

Di antara negara besar lainnya di dunia, China dilampaui oleh Rusia dan Kanada dengan luas hampir seluruh Eropa. Pekembangan budayanya yang lama, membuat China dianggap negara dengan peradaban tertua dan terlama.

China dapat dikatakan sebagai negara dengan pertumbuhan ekonominya yang paling cepat di dunia. Negara yang dikenal dengan sebutan Negeri Tirai Bambu ini menjadi sangat populer karena produk buatannya yang hampir menguasai pasar-pasar di dunia. Meskipun produk tersebut merupakan produk replika dari barang original.

Namun latar belakang yang dimiliki negara penghasil kertas tisu ini menyebabkan beberapa kemurkaan bagi negara-negara lain yang menyebabkan peperangan.

Berikut 3 Negara yang pernah perang dengan China yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jepang dengan China

Konflik pertama yang terjadi antara Jepang dan China pada 1894 hingga 1895 ditandai dengan hadirnya Jepang sebagai kekuatan besar di dunia yang menunjukkan kelemahan pemerintahan China.

Perang pertama ini dilatarbelakangi karena memperebutkan Korea, yang mana Korea saat itu merupakan negara klien China. Namun lokasi strategis yang berada di seberang pulau Jepang dan sumber daya batu baranya yang melimpah menjadi daya tarik Jepang.



Pada tahun 1875 Jepang membeli teknologi di Barat dan memaksa Korea agar mau membuka dirinya dalam perdagangan luar negeri, terkhusus pada Jepang. Hal ini membuat Jepang diidentifikasikan sebagai kekuatan modernisasi radikal oleh pemerintahan Korea, sementara China terus memberikan sponsor kepada para pejabat di sekitar keluarga kerajaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)