Manuver Bersama 16 Negara, Tetangga Indonesia Ini Pelajari Banyak Jet Siluman F-35

Kamis, 01 September 2022 - 15:05 WIB
loading...
A A A
Empat jet tempur F-35 perdana akan dikerahkan di AS untuk pelatihan dan evaluasi ketika dikirim pada tahun 2026.

Sementara pesawat F-35 tersedia dalam tiga varian, Singapura memilih F-35B karena kemampuannya untuk lepas landas dari landasan pacu yang lebih pendek dan mendarat secara vertikal.

"Ini adalah kemampuan utama yang dipertimbangkan RSAF," kata Mayor Zhang, yang mengambil bagian dalam latihan dengan rekan-rekannya dari 16 negara, termasuk Australia, Inggris dan AS.

Dia menambahkan bahwa F-35 juga memiliki kualitas tambahan yang membuat mereka lebih unggul dari jet tempur saat ini di gudang senjata RSAF.

Itu termasuk kemampuan siluman mereka, serta sensor canggih dan persenjataan serbaguna.

Mayor Zhang mengatakan RSAF telah mengawasi program F-35, yang telah diganggu oleh laporan banyak cacat, dari malfungsi sistem hingga komponen yang salah, serta pembengkakan biaya dan penundaan produksi.

“Cukup untuk mengatakan, kami telah melakukan evaluasi yang panjang dan terperinci terhadap pesawat ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa RSAF juga telah mengumpulkan wawasan dari negara lain yang telah mengadopsi F-35.

Singapura telah menjadi bagian dari program F-35 sejak tahun 2003, ketika bergabung sebagai peserta kerjasama keamanan, sebelum memilih F-35B sebagai pilihan pesawat tempur generasi berikutnya.

Saat ini, 16 negara, termasuk Singapura, sedang beroperasi atau sedang dalam pengadaan pesawat tempur siluman.

Mayor Zhang mengatakan upaya baru-baru ini, termasuk kunjungan Fort Worth, berguna dalam memahami kemampuan jet tempur dan bagaimana mereka dapat diintegrasikan dengan Angkatan Bersenjata Singapura yang lebih luas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)