PBB: 6 Juta Warga Afghanistan Hadapi Ancaman Kelaparan

Rabu, 31 Agustus 2022 - 15:05 WIB
loading...
PBB: 6 Juta Warga Afghanistan Hadapi Ancaman Kelaparan
PBB: 6 Juta Warga Afghanistan Hadapi Ancaman Kelaparan. FOTO/Reuters
A A A
KABUL - Afghanistan menghadapi kemiskinan yang semakin parah, dengan 6 juta orang berisiko kelaparan . Kepala badan kemanusiaan PBB, Martin Griffiths, mendesak para donor untuk memulihkan dana untuk pembangunan ekonomi dan segera menyediakan USD770 juta untuk membantu warga Afghanistan melewati musim dingin.

Griffiths mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB, bahwa Afghanistan menghadapi banyak krisis - kemanusiaan, ekonomi, iklim, kelaparan dan keuangan. Konflik, kemiskinan, guncangan iklim, dan kerawanan pangan “telah lama menjadi kenyataan yang menyedihkan” di Afghanistan.



Namun, menurut Griffiths, apa yang membuat situasi saat ini “sangat kritis” adalah penghentian bantuan pembangunan skala besar sejak pengambilalihan Taliban setahun lalu.

“Lebih dari setengah penduduk Afghanistan – sekitar 24 juta orang – membutuhkan bantuan dan hampir 19 juta menghadapi tingkat kerawanan pangan yang akut,” kata Griffiths, seperti dikutip dari AP, Selasa (30/8/2022).

“Kami khawatir bahwa angka-angka itu akan segera menjadi lebih buruk karena cuaca musim dingin akan membuat harga bahan bakar dan makanan melonjak tinggi,” lanjutnya.



Terlepas dari tantangannya, dia mengatakan, badan-badan PBB dan mitra LSM mereka telah meningkatkan “tanggapan yang belum pernah terjadi sebelumnya” selama setahun terakhir, mencapai hampir 23 juta orang.

Menurutnya, dana USD614 juta sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan musim dingin termasuk memperbaiki dan meningkatkan tempat penampungan dan menyediakan pakaian hangat dan selimut – dan tambahan USD154 juta diperlukan untuk menyiapkan makanan dan persediaan lainnya sebelum cuaca memotong akses ke daerah-daerah tertentu.

Griffiths menekankan, bagaimanapun, bahwa "bantuan kemanusiaan tidak akan pernah bisa menggantikan penyediaan layanan di seluruh sistem kepada 40 juta orang di seluruh negeri."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)