Pergi untuk Selamanya, Dunia Memuji Warisan Mikhail Gorbachev

Rabu, 31 Agustus 2022 - 08:18 WIB
loading...
Pergi untuk Selamanya, Dunia Memuji Warisan Mikhail Gorbachev
Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan (kanan) bertemu pertama kali dengan mantan Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev di Jenewa, Swiss, November 1985. Foto/REUTERS/Dennis Paquin
A A A
LONDON - Kabar meninggalnya mantan Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev mengejutkan dunia. Para pemimpin dunia pun memuji warisan yang ditinggalkan Gorbachev.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen menulis di Twitter menyusul pengumuman kematian Gorbachev pada usia 91 pada Selasa (30/8/2022), men-tweet pidato kepada tokoh yang disebutnya "pemimpin tepercaya dan dihormati."

“Gorbachev memainkan peran penting untuk mengakhiri Perang Dingin dan meruntuhkan Tirai Besi,” tulis von der Leyen.

Dia menambahkan, “Ini membuka jalan bagi Eropa yang bebas.”



Sementara kebijakan Gorbachev mengakibatkan jatuhnya Uni Soviet, masa jabatan mendiang presiden ditandai dengan mencairnya hubungan dengan Barat.

Beberapa pemimpin Barat lainnya bergabung dengan von der Leyen untuk berduka atas kematiannya.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres berduka atas Gorbachev sebagai, "Pemimpin global yang menjulang tinggi, multilateralis yang berkomitmen, dan advokat tak kenal lelah untuk perdamaian."



Dia menggambarkan pengabdian pemimpin Soviet itu untuk "kesatuan dalam keragaman" serta mengejar "jalan negosiasi, reformasi, transparansi dan perlucutan senjata.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)