Misteri Dokter Berusia 148 Tahun yang Ciptakan Ramuan Panjang Umur

Rabu, 31 Agustus 2022 - 03:06 WIB
loading...
Misteri Dokter Berusia 148 Tahun yang Ciptakan Ramuan Panjang Umur
William Meade, dokter Inggris yang diklaim hidup 148 tahun dan membuat ramuan panjang umur. Foto/Wikimedia Commons via Jerusalem Post
A A A
LONDON - Makam Dr William Meade terletak sekitar 24 kilometer dari London di kota Hertfordshire. Batu nisannya tidak menarik, tapi tulisannya yang menarik.

Disebutkan bahwa dokter Inggris, yang meninggal sekitar bulan Oktober 1652, hanya tinggal dua bulan lagi dari ulang tahunnya yang ke-149.

Tulisan di batu nisannya berbunyi: "William Meade, yang meninggal 28 Oktober 1652, berusia 148 tahun, 9 bulan, 3 minggu dan 4 hari."

Jika itu akurat, Mead lahir pada Januari 1504 dan meninggal tak lama setelah Perang Saudara Inggris yang terjadi dari tahun 1642-1651.

Baca juga: Lama Jomblo, Pria Ini Jatuh Cinta pada Boneka dan Akan Menikahinya

Meskipun hidup sampai usia 148 terdengar seperti fiksi akhir-akhir ini, saat itu jauh lebih fiksi. Sebab, usia harapan hidup orang yang lahir di Eropa pada abad ke-16 adalah antara 30 hingga 40 tahun, selama mereka selamat dari masa kanak-kanak, cacar, dan
lain-lain, membuat cerita Mead semakin mustahil.

Padahal menurut legenda setempat, Mead mengembangkan obat mujarab untuk umur panjang, serta berbagai obat lain.

Diyakini bahwa istrinya adalah orang yang mendiktekan tulisan di makamnya untuk mempromosikan penjualan "ramuan panjang umur" tersebut, yang semakin meningkatkan keraguan tentang cerita tersebut.

Namun, catatan pemerintah setempat yang ditemukan dari tahun 1781 menulis tentang "kasus umur panjang yang menakjubkan ini", dan mengeklaim bahwa penjaga kuburan harus memperbarui prasasti di batu nisan setelah menjadi tidak terbaca.

Situs sejarah Hertfordshire, yang dikutip Jerusalem Post, Selasa (30/8/2022) mengeklaim bahwa batu nisan itu telah tertutup vegetasi dalam beberapa tahun terakhir, dan selama upaya untuk memposisikannya, batu itu pecah.

Sejak itu telah disambungkan kembali dan berdiri kokoh, tetapi apakah usia Mead benar-benar akurat? Pertanyaan ini selamanya akan tetap menjadi misteri.
(min)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2759 seconds (10.177#12.26)