Uni Eropa Terpecah Soal Larangan Turis Rusia

Selasa, 30 Agustus 2022 - 19:50 WIB
loading...
A A A
Menurut mereka pembatasan visa mungkin menyusutkan jumlah rute pelarian yang semakin berkurang bagi para kritikus, dan dapat menyegel lebih banyak orang ke dalam ruang gema Kremlin, bermain untuk klaim tentang penganiayaan Barat.

“Anda berisiko membuat UE menjadi orang jahat di mata warga Rusia yang mungkin tidak mendukung rezim, atau mendukung perang,” kata salah satu diplomat UE, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas percakapan pribadi menjelang pertemuan di Praha.

Pertemuan itu sendiri tidak dapat menyelesaikan permasalahan siapa yang diizinkan untuk mengunjungi dan dengan persyaratan apa. Diplomat UE lain yang mengetahui perdebatan itu mengatakan akan menjadi awal informal dari diskusi bukan kata akhir tentang apa, jika ada, yang akan terjadi selanjutnya.

Salah satu kompromi potensial akan menjadi penangguhan penuh perjanjian fasilitasi visa 2007 dengan Rusia, sehingga lebih sulit dan mahal bagi warga Rusia mendapatkan visa turis, menurut diplomat.

Meskipun Zelensky wawancara dengan Washington Post menyarankan pembatasan perjalanan harus berlaku untuk semua orang Rusia, termasuk ekspatriat, tampaknya hanya ada sedikit dukungan untuk langkah semacam itu.



Sebagian besar diskusi saat ini berpusat pada visa kunjungan singkat yang memungkinkan perjalanan hingga 90 hari di seluruh "zona Schengen" 26 negara. Menurut data UE, sebelum pandemi, lebih dari 4 juta visa itu dikeluarkan di Rusia pada 2019.

Negara-negara anggota UE sedang memperdebatkan bagaimana menjaga pintu mereka tetap terbuka bagi para pegiat hak asasi manusia dan pembangkang, serta apakah dan bagaimana membuat pengecualian untuk kelompok-kelompok seperti anggota keluarga, pelajar, dan ilmuwan.

Sejak invasi Rusia, Republik Ceko, Lithuania, Latvia, dan Estonia semuanya berhenti mengeluarkan visa kunjungan singkat kepada warga negara Rusia. Estonia juga telah bergerak untuk membatalkan visa kunjungan singkat yang dikeluarkan sebelumnya, sementara Latvia mengharuskan pelancong Rusia masuk dengan visa yang ada untuk menandatangani pernyataan menentang perang.

Sementara itu, Finlandia telah mengumumkan akan memangkas jumlah visa yang dikeluarkan untuk Rusia sebesar 90 persen mulai 1 September.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)