Man of the Hole, Pria Paling Kesepian di Dunia Tutup Usia

Selasa, 30 Agustus 2022 - 17:15 WIB
loading...
Man of the Hole, Pria Paling Kesepian di Dunia Tutup Usia
Man of The Hole, pria paling kesepian di dunia meninggal dunia. Foto/BBC
A A A
BRASILIA - Anggota terakhir dari kelompok adat yang terpencil di Brasil meninggal dunia. Pria, yang namanya tidak diketahui, telah hidup dalam isolasi total selama 26 tahun terakhir.

Mayat pria itu ditemukan di tempat tidur gantung di luar gubuk jeraminya. Tidak ada tanda-tanda kekerasan. Dia diperkirakan meninggal karena sebab alami pada usia sekitar 60 tahun.

Pria tersebut dikenal sebagai Man of the Hole karena menggali lubang yang dalam, beberapa di antaranya digunakan untuk menjebak hewan sedangkan yang lain tampak sebagai tempat persembunyian.

Pria itu adalah yang orang terakhir dari kelompok adat yang tinggal di wilayah adat Tanaru di negara bagian Rondonia, yang berbatasan dengan Bolivia.

Mayoritas adatnya diyakini telah dibunuh pada awal tahun 1970-an oleh para peternak yang ingin memperluas tanah mereka.

Pada tahun 1995, enam anggota adatnya yang tersisa tewas dalam serangan oleh penambang ilegal, menjadikannya satu-satunya yang selamat.

Badan Urusan Adat Brasil (Funai) baru menyadari kelangsungan hidupnya pada tahun 1996, dan sejak saat itu telah memantau daerah tersebut untuk keselamatannya.



Selama patroli rutin, agen Funai Altair Jose Algayer menemukan tubuh pria itu ditutupi bulu macaw di tempat tidur gantung di luar salah satu gubuk jeraminya.

Algayer mengatakan bahwa semua gubuk yang dibangun pria itu selama bertahun-tahun - yang ada lebih dari 50 - juga berisi lubang sedalam 3 meter.

Algayer berpikir lubang itu mungkin memiliki makna spiritual bagi pria itu, sementara yang lain berspekulasi bahwa dia mungkin menggunakannya sebagai tempat persembunyian.

Pakar adat Marcelo dos Santos mengatakan kepada media lokal bahwa dia mengira pria itu telah meletakkan bulu-bulu itu pada dirinya sendiri, mengetahui bahwa dia akan mati.

"Dia sedang menunggu kematian, tidak ada tanda-tanda kekerasan," katanya seperti dikutip dari BBC, Selasa (30/8/2022).

Ia menambahkan bahwa pria itu mungkin meninggal 40 hingga 50 hari sebelum mayatnya ditemukan.

Para pejabat mengatakan tidak ada tanda-tanda serangan di wilayahnya dan tidak ada tanda-tanda gangguan di gubuknya. Sebuah post-mortem akan dilakukan untuk mencoba untuk mengetahui apakah ia telah tertular penyakit.



Karena dia menghindari kontak dengan orang luar, tidak diketahui bahasa apa yang digunakan pria itu atau dari kelompok etnis mana dia berasal.

Pada tahun 2018, anggota Funai berhasil merekamnya saat secara tidak sengata bertemu di hutan. Dalam rekaman itu, dia terlihat sedang menebas pohon dengan sesuatu yang menyerupai kapak.

Sejak itu dia tidak terlihat lagi, tetapi agen Funai menemukan gubuk jeraminya dan lubang dalam yang dia gali.

Beberapa ditemukan paku tajam di bagian bawah dan dianggap sebagai jebakan untuk hewan yang dia buru, seperti babi hutan.

Bukti yang ditemukan selama bertahun-tahun di daerah itu juga menunjukkan bahwa dia menanam jagung dan ubi kayu dan mengumpulkan madu serta buah-buahan seperti pepaya dan pisang.

Di bawah konstitusi Brasil, masyarakat adat memiliki hak atas tanah tradisional mereka, dan akses ke tanah yang dia huni, yang dikenal sebagai Wilayah Adat Tanaru, telah dibatasi sejak tahun 1998.

Daerah di sekitar wilayah 8.070 hektar digunakan untuk pertanian dan pemilik tanah di masa lalu telah menyatakan kemarahan mereka karena dilarang memasuki wilayah adat.



Pada tahun 2009, sebuah pos Funai di daerah itu rusak dan selongsong peluru tertinggal dalam apa yang dianggap sebagai ancaman bagi Man of the Hole dan agen Funai yang melindunginya.

Perintah pembatasan harus diperbarui setiap beberapa tahun dan agar disetujui, kehadiran anggota kelompok adat di tanah yang bersangkutan harus didokumentasikan.

Dengan meninggalnya Man of the Hole, kelompok hak adat telah menyerukan agar cagar alam Tanaru diberikan perlindungan permanen.

Survival International, sebuah kelompok penekan yang memperjuangkan hak-hak masyarakat adat, mengatakan ada sekitar 240 adat asli di Brasil, dengan banyak yang terancam karena penambang ilegal, penebang, dan petani yang melanggar batas wilayah mereka.

Risiko yang dihadapi masyarakat adat Brasil disorot baru-baru ini ketika aktivis Txai Surui menerima ancaman pembunuhan setelah dia memberikan pidato yang penuh semangat pada upacara pembukaan KTT iklim global COP26 di Glasgow.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2365 seconds (0.1#10.140)