Dua Negara Laporkan Kematian Akibat Cacar Monyet, Pertama di Luar Afrika

Sabtu, 30 Juli 2022 - 07:48 WIB
loading...
Dua Negara Laporkan Kematian Akibat Cacar Monyet, Pertama di Luar Afrika
Dua negara laporkan kematian pertama akibat cacar monyet. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
BRASILIA - Wabah cacar monyet atau Monkeypox mulai memakan korban. Dua negara telah melaporkan kematian pertama akibat virus tersebut, pertama di luar Afrika.

Seorang pria berusia 41 tahun di Brasil menjadi kematian pertama dari virus cacar monyet di luar Afrika. Segera setelah itu, Spanyol juga mengumumkan kematian pertamanya dan menjadi kematian pertama di Eropa.

Dikutip dari BBC, Sabtu (30/7/2022), menurut kementerian kesehatan Brasil, korban di sana menderita limfoma dan sistem kekebalan yang melemah, dan penyakit penyerta memperburuk kondisinya.

Brasil sejauh ini melaporkan 1.066 kasus yang dikonfirmasi dan 513 kasus dugaan virus. Data dari kementerian kesehatan Brasil menunjukkan bahwa lebih dari 98% kasus yang dikonfirmasi terjadi pada pria yang berhubungan seks dengan sesama pria.

Tak lama setelah itu, kementerian kesehatan Spanyol mengkonfirmasi kematian pertama di Eropa akibat virus tersebut.



Dalam sebuah laporan, dikatakan bahwa dari 3.750 pasien monkeypox dengan informasi yang tersedia, 120 atau 3,2% telah dirawat di rumah sakit dan satu meninggal. Laporan itu tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang korban.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, ada 21.148 kasus di seluruh dunia.

Virus cacar monyet adalah anggota dari keluarga virus yang sama dengan cacar, meskipun jauh lebih ringan dan para ahli mengatakan kemungkinan infeksinya rendah.

Ini terjadi sebagian besar di bagian terpencil negara-negara Afrika tengah dan barat, dekat hutan hujan tropis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)