Man of the Hole, Pria Paling Kesepian di Dunia Tutup Usia

Selasa, 30 Agustus 2022 - 17:15 WIB
loading...
A A A
Bukti yang ditemukan selama bertahun-tahun di daerah itu juga menunjukkan bahwa dia menanam jagung dan ubi kayu dan mengumpulkan madu serta buah-buahan seperti pepaya dan pisang.

Di bawah konstitusi Brasil, masyarakat adat memiliki hak atas tanah tradisional mereka, dan akses ke tanah yang dia huni, yang dikenal sebagai Wilayah Adat Tanaru, telah dibatasi sejak tahun 1998.

Daerah di sekitar wilayah 8.070 hektar digunakan untuk pertanian dan pemilik tanah di masa lalu telah menyatakan kemarahan mereka karena dilarang memasuki wilayah adat.



Pada tahun 2009, sebuah pos Funai di daerah itu rusak dan selongsong peluru tertinggal dalam apa yang dianggap sebagai ancaman bagi Man of the Hole dan agen Funai yang melindunginya.

Perintah pembatasan harus diperbarui setiap beberapa tahun dan agar disetujui, kehadiran anggota kelompok adat di tanah yang bersangkutan harus didokumentasikan.

Dengan meninggalnya Man of the Hole, kelompok hak adat telah menyerukan agar cagar alam Tanaru diberikan perlindungan permanen.

Survival International, sebuah kelompok penekan yang memperjuangkan hak-hak masyarakat adat, mengatakan ada sekitar 240 adat asli di Brasil, dengan banyak yang terancam karena penambang ilegal, penebang, dan petani yang melanggar batas wilayah mereka.

Risiko yang dihadapi masyarakat adat Brasil disorot baru-baru ini ketika aktivis Txai Surui menerima ancaman pembunuhan setelah dia memberikan pidato yang penuh semangat pada upacara pembukaan KTT iklim global COP26 di Glasgow.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)