Tembak Jatuh Jet Tempur Su-34 Rusia dengan Senapan, Pria Tua Ukraina Diberi Medali

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 09:46 WIB
loading...
Tembak Jatuh Jet Tempur Su-34 Rusia dengan Senapan, Pria Tua Ukraina Diberi Medali
Valeriy Fedorovych, pria tua Ukraina yang tembak jatuh jet tempur Su-34 Rusia dengan senapan. Foto/Layanan Perbatasan Negara Ukraina
A A A
KIEV - Seorang pria tua Ukraina berhasil menembak jatuh jet tempur Su-34 Rusia hanya dengan senapan. Atas aksinya, dia dicap sebagai pahlawan dan diberi medali.

Layanan Perbatasan Negara Ukraina pada Jumat (19/8/2022) mengumumkan bahwa para pejabat telah menghadiahkan medali untuk pria pensiunan, Valeriy Fedorovych.

Para pejabat mengatakan bahwa pada bulan Maret, ketika pasukan Presiden Rusia Vladimir Putin terus-menerus membombardir Chernihiv di Ukraina, Fedorovych mengambil senapannya dan melepaskan tembakan.



"Pahlawan di antara kita," kata para pejabat, yang menambahkan bahwa setelah Fedorovych menembaki jet dengan senapannya, pesawat tempur musuh Su-34 menjadi sasaran dan dihancurkan.

"Pesawat itu jatuh, dan pahlawan kita menerima medali 'Atas bantuan dalam perlindungan perbatasan negara'," kata Layanan Perbatasan Negara Ukraina, seperti dikutip Newsweek, Sabtu (20/8/2022).

Pemerintah Ukraina telah merilis video pendek yang menunjukkan Fedorovych dengan senapan tersandang di bahunya, berjalan melalui gedung-gedung yang dihancurkan oleh invasi Rusia.

"Di lap kedua, bagaimana hasilnya? Saya 'bang' dengan tongkat [senapan] saya. Dan itu seperti 'bang'. Dan itu [jet tempur Su-34 Rusia] jatuh," kata Fedorovych dalam video tersebut.

Video itu juga menyisipkan insiden saat jet tempur Su-34 Rusia ditembak jatuh. Sorak-sorai dan tepuk tangan terdengar di latar belakang video saat pesawat jatuh dengan cepat.

Invasi Rusia ke Ukraina telah memakan banyak korban di Chernihiv, yang terletak sekitar 88 mil dari Ibu Kota Ukraina; Kyiv atau Kiev.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)