Profil Chiang Kai-shek, Pendiri Pemerintahan Demokratis Taiwan

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 07:35 WIB
loading...
Profil Chiang Kai-shek, Pendiri Pemerintahan Demokratis Taiwan
Pendiri Taiwan Chiang Kai-shek. Foto/history.com
A A A
TAIPEI - Sejarah berdirinya Taiwan tak lepas dari sosok sang presiden pertama dan juga pendiri, Chiang Kai-shek.

Melansir Britannica, Chiang adalah pria kelahiran Provinsi Zhejiang, China, 31 Oktober 1887. Ia merupakan tentara dan Kepala Pemerintahan Nasionalis China tahun 1928 hingga 1949.

Setelah itu, Chiang menjadi Kepala Pemerintahan Nasionalis China di pengasingannya di Taiwan dan membentuk pemerintahan yang terpisah dari daratan China yang komunis.

Chiang Kai-shek memiliki keluarga dari kalangan menengah. Orangtuanya merupakan petani makmur di Zhejiang.

Baca juga: China Blak-blakan Akui Latihan Militer Bersama Rusia Tahun Ini

Terkait karier Chiang dalam militer, rupanya Chiang sudah lama memiliki ketertarikan di dunia militer dan berkeinginan menimba ilmu di akademi militer.

Hingga akhirnya, dia berhasil masuk di Akademi Militer Baoding, China Utara pada tahun 1906. Setahun setelahnya, Chiang pindah ke Jepang untuk melanjutkan sekolah militernya sampai tahun 1911.

Ketika berada di Tokyo, Jepang, ia banyak bertemu teman-teman sesama prajurit yang memiliki rencana sama, yakni untuk menyingkirkan China dari Dinasti Qing (Manchu).

Pergaulannya itu mengubah Chiang menjadi sosok republikanisme yang sangat revolusioner. Usai mendengar pecahnya Revolusi China di tahun 1911, Chiang kembali ke negaranya dan membantu pertempuran melawan Manchu.

Menurut Britannica, Chiang kembali berjuang dalam aksi revolusioner lainnya di tahun 1913 sampai 1916, dalam rangka melakukan perlawanan terhadap Yuan Shikai, sang presiden baru sekaligus calon kaisar China.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1653 seconds (10.101#12.26)