Ajudan Zelensky Ancam Runtuhkan Jembatan Terpanjang di Eropa

Kamis, 18 Agustus 2022 - 05:01 WIB
loading...
Ajudan Zelensky Ancam Runtuhkan Jembatan Terpanjang di Eropa
Jet tempur Rusia terbang di atas jembatan penghubung daratan Rusia dan Semenanjung Krimea pada 25 November 2018. Foto/REUTERS/Pavel Rebrov
A A A
KIEV - Jembatan Krimea Rusia yang merupakan struktur terbesar dari jenisnya di Eropa, "harus dihancurkan," menurut seorang ajudan Presiden Ukraina Vladimir Zelensky, Mikhail Podolyak.

“Ini adalah konstruksi ilegal dan pintu gerbang utama untuk memasok tentara Rusia di Krimea,” papar Mikhail Podolyak kepada Guardian pada Selasa, menjelaskan mengapa Kiev ingin menyerangnya.

Jembatan itu dibangun setelah Krimea memisahkan diri dari Ukraina, menyusul kudeta bersenjata di Kiev pada 2014 dan memilih dalam referendum untuk bergabung dengan Rusia.



Jembatan ini membentuk koneksi jalan dan kereta api langsung dengan Krimea, yang sebelumnya hanya dapat dicapai dari seluruh Rusia melalui laut atau udara.

Jembatan ini sebagian besar digunakan oleh lalu lintas sipil.

Podolyak adalah pejabat Ukraina terbaru yang mengkonfirmasi niat Kiev menyerang struktur tersebut.



Pernyataan itu muncul saat dia tampaknya mengisyaratkan Ukraina sedang dalam proses melakukan serangkaian tindakan sabotase di Krimea.

Sejak pekan lalu, dua lokasi terpisah di semenanjung Krimea telah diguncang ledakan dahsyat di lokasi militer yang digunakan untuk menyimpan amunisi.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengakui yang terbaru, yang terjadi pada Selasa di dekat desa Mayskoye di Krimea utara, sebagai tindakan sabotase.

Kiev belum secara resmi mengklaim pelaku insiden tersebut, tetapi banyak pejabat Ukraina mengisyaratkan inilah masalahnya, dengan Podolyak mengikuti pola tersebut dalam wawancaranya dengan surat kabar Inggris.

“Saya tentu setuju dengan Kementerian Pertahanan Rusia, yang memprediksi lebih banyak insiden semacam ini dalam dua, tiga bulan ke depan. Saya pikir kita mungkin melihat lebih banyak dari itu terjadi,” tutur dia.

Ajudan presiden Ukraina itu menyebut serangan klandestin yang diklaim sebagai "serangan balasan" yang sifatnya berbeda dari jenis aksi militer yang biasanya digambarkan dengan istilah ini.

“Serangan balasan Ukraina terlihat sangat berbeda (dari Rusia). Kami tidak menggunakan taktik tahun 60-an dan 70-an, abad terakhir,” ujar dia.

The Guardian menyatakan Podolyak mungkin secara diam-diam mengakui kegagalan Ukraina mengumpulkan pasukan dan senjata untuk serangan balik yang sebenarnya terhadap pasukan Rusia di medan perang.

Para pejabat tinggi Ukraina selama berminggu-minggu berjanji upaya merebut kembali kota Kherson akan segera dimulai, dengan beberapa bahkan mengklaim operasi itu sudah berlangsung.

Podolyak mengatakan kepada BBC pekan lalu bahwa "semua pernyataan publik" oleh pejabat Ukraina adalah "perang psikologis" yang bertujuan menurunkan moral tentara Rusia.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)