Banjir Bandang Hantam Barat Daya China, 7 Tewas dan 8 Terluka

Minggu, 14 Agustus 2022 - 17:00 WIB
loading...
Banjir Bandang Hantam Barat Daya China, 7 Tewas dan 8 Terluka
Banjir Bandang Hantam Barat Daya China, 7 Tewas dan 8 Terluka. FOTO/Reuters
A A A
SICHUAN - Tujuh orang tewas dan delapan lainnya luka-luka setelah banjir bandang melanda Kota Pengzhou di Provinsi Sichuan, barat daya China , Sabtu (13/8/2022), lapor CGTN. Hingga Minggu (14/8/2022) sore, satu orang yang terluka dilaporkan masih dirawat di rumah sakit dan dalam kondisi stabil.

Rekaman yang diterbitkan oleh media China menunjukkan air naik dengan cepat di sungai di pinggiran kota Pengzhou di provinsi Sichuan. Turis yang bermain di air yang awalnya dangkal, terlihat berlari untuk menyelamatkan diri dan memanjat bebatuan saat air mengalir ke arah mereka.

Baca: Banjir Lahar Dingin Semeru Terjang Jalur Alternatif, 1 Dusun Terisolasi

Tetapi, beberapa orang tidak dapat mencapai tepi sungai tepat waktu. Setidaknya satu orang, seorang wanita yang terdampar di sebuah batu besar di tengah sungai, tampak kehilangan pijakannya dan hanyut oleh arus, menurut sebuah video yang diposting online oleh Beijing Youth Daily.

"Hingga pukul 19.30, banjir gunung telah menewaskan empat orang, melukai tiga orang, dan melukai enam orang lainnya," kata Otoritas Tanggap Darurat Pengzhou dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP.

Banjir datang selama musim panas dengan cuaca ekstrem di China, dengan beberapa kota termasuk Shanghai mencatat hari-hari terpanas mereka selama gelombang panas di bulan Juli. Para ilmuwan mengatakan cuaca ekstrem di seluruh dunia telah menjadi lebih sering karena perubahan iklim, dan kemungkinan akan tumbuh lebih intens saat suhu global meningkat.

Baca: Perumahan di Cibinong Terendam Banjir, Warga Dievakuasi Pakai Perahu Karet

Observatorium nasional China telah mengeluarkan peringatan merah untuk suhu tinggi karena merkuri diperkirakan melonjak melewati 40 derajat Celcius di sebagian besar negara itu akhir pekan ini, kantor berita negara Xinhua melaporkan pada hari Sabtu.

Banjir parah di Cina selatan pada bulan Juni membuat lebih dari setengah juta orang mengungsi dan menyebabkan kerugian ekonomi sekitar USD250 juta.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1335 seconds (11.97#12.26)