Bubarkan Unjuk Rasa, Taliban Pukuli Demonstran Wanita di Kabul

Minggu, 14 Agustus 2022 - 01:00 WIB
loading...
Bubarkan Unjuk Rasa, Taliban Pukuli Demonstran Wanita di Kabul
Bubarkan Unjuk Rasa, Taliban Pukuli Demonstran Wanita di Kabul. FOTO/Reuters
A A A
KABUL - Anggota Taliban dilaporkan memukuli pengunjuk rasa wanita dan menembak ke udara pada Sabtu (13/8/2022), ketika mereka dengan kasar membubarkan rapat umum yang jarang terjadi di ibu kota Afghanistan , Kabul.

Seperti dilaporkan AFP, sekitar 40 wanita - meneriakkan "Roti, pekerjaan dan kebebasan" - berbaris di depan gedung Kementerian Pendidikan di Kabul. Lalu, para anggota Taliban membubarkan mereka dengan menembakkan senjata mereka ke udara.



Beberapa pengunjuk rasa wanita yang berlindung di toko-toko terdekat dikejar dan dipukuli oleh anggota Taliban dengan popor senapan mereka.

Para pengunjuk rasa membawa spanduk bertuliskan "15 Agustus adalah hari hitam" karena mereka menuntut hak untuk bekerja dan partisipasi politik. “Keadilan, keadilan. Kami muak dengan ketidaktahuan,” teriak para pengunjuk rasa, banyak dari mereka tidak mengenakan cadar, sebelum mereka bubar.

Beberapa jurnalis yang meliput protes itu—pertemuan wanita pertama dalam beberapa bulan—juga dipukuli oleh para pejuang Taliban. Setelah merebut kekuasaan, Taliban telah menjanjikan versi yang lebih lembut dari pemerintahan Islam yang keras yang menandai tugas pertama mereka dalam kekuasaan dari tahun 1996 hingga 2001.



Tetapi banyak pembatasan telah diberlakukan. Puluhan ribu anak perempuan telah dikucilkan dari sekolah menengah, sementara perempuan dilarang kembali ke banyak pekerjaan pemerintah.

Wanita juga dilarang bepergian sendirian dalam perjalanan jauh, dan hanya dapat mengunjungi taman umum dan taman di ibu kota pada hari-hari terpisah dari pria.

Pada bulan Mei, pemimpin tertinggi dan kepala Taliban di negara itu, Hibatullah Azkhundzada, bahkan memerintahkan wanita untuk menutupi diri mereka sepenuhnya di depan umum, termasuk wajah mereka – idealnya dengan burqa.



Beberapa wanita Afganistan pada awalnya mendorong kembali ke trotoar, mengadakan protes kecil. Tetapi Taliban segera menangkap para pemimpin kelompok itu, menahan mereka tanpa komunikasi sambil menyangkal bahwa mereka telah ditahan.

Kekerasan ini muncul beberapa hari menjelang ulang tahun pertama kembalinya kelompok garis keras Islam itu ke tampuk kekuasaan di Afghanistan. Sejak merebut kekuasaan pada 15 Agustus tahun lalu, Taliban telah mengembalikan keuntungan marjinal yang dibuat oleh perempuan selama dua dekade intervensi AS di Afghanistan.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2039 seconds (0.1#10.140)