Pria Bersenjata Sandera Staf Bank di Beirut, Tuntut Uangnya Kembali

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 00:30 WIB
loading...
Pria Bersenjata Sandera Staf Bank di Beirut, Tuntut Uangnya Kembali
Seorang pria bersenjata menyandera staf bank di Beirut, menuntut uangnya kembali. Foto/Reuters
A A A
BEIRUT - Seorang pria bersenjata menyandera staf sebuah bank di wilayah Hamra Beirut, Lebanon . Diduga, ia menuntut agar bank mengembalikan uangnya yang dibekukan setelah krisis keuangan melanda negara itu.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan pria itu memegang pistol dan berteriak pada karyawan Bank Federal untuk mengembalikan uangnya. Tidak jelas berapa banyak sandera di dalam bank.

Tentara Lebanon berdiri menunggu di luar cabang bank dan juru bicara militer mengatakan bahwa rincian situasi penyanderaan belum jelas.

Menurut Serikat Deposan Lebanon, ayah dari pria bersenjata itu berada di rumah sakit dan membutuhkan uang USD50.000 atau sekitar Rp734 juta untuk perawatan medis.



"Pria itu hanya mampu menarik USD1.000 (Rp146 juta) dari rekeningnya selama tiga tahun terakhir, meskipun memiliki deposit sebesar USD209.000 (Rp3 miliar)," serikat itu menambahkan seperti dikutip dari Al Araby, Jumat (12/8/2022).

Al Araby belum dapat memverifikasi klaim ini secara independen.

Bank-bank di Lebanon membekukan rekening deposan kecil dan menengah setelah krisis keuangan melanda negara itu pada 2019, yang pada dasarnya menyita tabungan mayoritas deposan Lebanon.

Bank menutup rekening tanpa otorisasi sebelumnya dari parlemen dan telah menolak rencana penyelamatan keuangan yang menempatkan beban kerugian ekonomi pada rakyat biasa Lebanon.



Serikat Deposan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sementara mereka bersikeras mengikuti jalur hukum untuk mengumpulkan simpanan, mereka menganggap otoritas politik, perbankan dan peradilan bertanggung jawab atas kekerasan apa pun.

"Kami tidak memiliki negara seperti yang seharusnya dan sebagai hasilnya, orang-orang terpaksa mengambil tindakan sendiri," kata Dina Abu Zour, seorang pengacara dari Serikat Deposan, kepada Al Araby.

Itu adalah insiden "Robin Hood" ketiga dalam satu tahun terakhir dengan deposan menduduki bank dengan berbagai tingkat kekuatan untuk mendapatkan simpanan mereka. Pada bulan Januari, seorang pria yang membawa granat menyandera di sebuah bank Bekaa dan berhasil menarik simpanannya.

Mohammed Beydoun, presiden sebuah LSM lokal yang menduduki bank tahun lalu untuk mendapatkan dana bagi penerimanya, mengatakan bahwa dia tidak menyesal melakukannya.



"Saya terkejut bahwa setiap orang yang memiliki uang di bank dapat memulai dari nol," kata Beydoun kepada Al Araby.

Tak satu pun dari mereka yang menduduki bank telah didakwa dengan kejahatan, karena uang mereka secara teknis ditahan secara ilegal.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2194 seconds (0.1#10.140)