Finlandia dan Estonia Serukan Larangan Terhadap Turis Rusia

Rabu, 10 Agustus 2022 - 02:12 WIB
loading...
Finlandia dan Estonia Serukan Larangan Terhadap Turis Rusia
Dua negara Uni Eropa, Finlandia dan Estonia, kompak serukan larangan terhadap turis asal Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
BRUSSELS - Para pemimpin Estonia dan Finlandia ingin negara-negara Uni Eropa (UE) berhenti mengeluarkan visa turis kepada warga Rusia. Keduanya mengatakan warga Rusia seharusnya tidak dapat melakukan perjalanan ke Eropa pada hari libur sementara Kremlin melakukan perang yang menghancurkan di Ukraina .

“Mengunjungi Eropa adalah hak istimewa, bukan hak asasi manusia,” tulis Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas.

"Ini adalah waktu untuk mengakhiri pariwisata dari Rusia sekarang," imbuhnya seperti dikutip dari Euronews, Rabu (10/8/2022).

Sebagai tanggapan, mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev membandingkan Kallas dengan "Nazi."

Sehari sebelumnya, mitranya dari Finlandia Sanna Marin mengatakan dalam sebuah wawancara TV bahwa tidak benar sementara Rusia mengobarkan perang agresi yang agresif dan brutal di Eropa, warga Rusia dapat menjalani kehidupan normal, bepergian di Eropa, menjadi turis.

Baca juga: Sukses Ubah Permainan, AS Kirim Lebih Banyak Rudal HIMARS ke Ukraina

Sedangkan Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto mengatakan kepada Euronews baru-baru ini bahwa pemerintah negara itu akan membatasi jumlah visa turis yang dikeluarkan untuk Rusia, tetapi berharap Uni Eropa akan mengambil sikap yang sama dalam masalah ini dan berhenti memberikan visa baru sepenuhnya.

Estonia dan Finlandia berbatasan dengan Rusia dan merupakan anggota Uni Eropa, yang melarang perjalanan udara dari Rusia setelah menginvasi Ukraina. Jalur kereta api penumpang terakhir yang tersisa antara Rusia dan Uni Eropa berakhir pada Maret lalu ketika layanan berkecepatan tinggi antara Saint Petersburg dan Ibu Kota Finlandia Helsinki berhenti beroperasi.

Namun, orang Rusia masih dapat melakukan perjalanan darat ke Finlandia dan Estonia dan tampaknya kemudian mengambil penerbangan ke tujuan Eropa lainnya.

Media Finlandia baru-baru ini melaporkan ada bisnis yang ramai untuk penyewaan mobil antara Saint Petersburg ke dan dari bandara di Helsinki, dan Lappeenranta di tenggara Finlandia - yang memiliki koneksi langsung ke berbagai tujuan Eropa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1439 seconds (11.252#12.26)