Sukses Ubah Permainan, AS Kirim Lebih Banyak Rudal HIMARS ke Ukraina

Selasa, 09 Agustus 2022 - 23:45 WIB
loading...
Sukses Ubah Permainan, AS Kirim Lebih Banyak Rudal HIMARS ke Ukraina
AS kirim lebih banyak rudal HIMARS ke Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) akan mengirim lebih banyak rudal HIMARS ke Ukraina sebagai bagian dari paket bantuan pertahanan besar-besaran. Hal itu diumumkan oleh para pejabat AS.

Setelah Presiden Rusia Vladimir Putin melancarkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari, banyak negara Barat, termasuk AS, dengan cepat membantu Ukraina, mengirimkan bantuan kemanusiaan dan militer untuk memperkuat pertahanannya.

Pada hari Senin, Departemen Pertahanan AS mengumumkan putaran terakhir bantuan militer untuk Ukraina, termasuk lebih banyak amunisi untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS), yang telah disebut sebagai "pengubah permainan" untuk Ukraina.

Secara total, paket bantuan tersebut akan berjumlah USD1 miliar, dengan jumlah bantuan militer yang dikirim oleh pemerintahan Presiden Joe Biden berjumlah USD9,8 miliar sejak Januari 2021.

Baca juga: Anggota DPR AS: Sebagian Besar Bantuan untuk Ukraina adalah Penipuan

AS mulai mengirim Ukraina HIMARS, sistem rudal yang kuat yang dibangun oleh Lockheed Martin, pada bulan Juni. Sistemnya yang mobile, menembak dengan presisi dan memiliki kemampuan jangkauan sekitar 50 mil atau hampir dua kali lipat jangkauan howitzer M777, senjata buatan Barat yang digunakan Ukraina sebelum kedatangan HIMARS.

"Paket tersebut juga mencakup 75.000 butir amunisi artileri 155mm, 20 sistem mortir 120mm, 20.000 butir amunisi mortir 120mm, amunisi untuk sistem rudal darat-ke-udara tingkat nasional, 1.000 Javelin dan ratusan sistem anti-armor AT4, 50 kendaraan perawat medis lapis baja, amunisi anti-personil Claymore, bahan peledak C-4 dan pasokan medis," menurut Departemen Pertahanan AS seperti dikutip dari Newsweek, Selasa (9/8/2022).

HIMARS telah disebut-sebut meningkatkan upaya pertahanan Ukraina dalam beberapa bulan terakhir, dengan beberapa ahli berspekulasi bahwa mereka dapat mengubah gelombang perang yang menguntungkan Ukraina. Pensiunan Jenderal Angkatan Darat AS Mark Hertling menggambarkan HIMARS sebagai "pengubah permainan" pada bulan Juli, dengan mengatakan bahwa mereka menggunakan lebih sedikit amunisi, memiliki jangkauan yang lebih besar dan akurasi presisi yang lebih baik.

Ukraina sendiri memuji HIMARS karena membantu menghancurkan target utama milik Rusia, termasuk sistem komando dan gudang amunisi. Pekan lalu, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan pasukannya menggunakan HIMARS untuk menyerang lebih dari 10 titik kendali Rusia.

Baca juga: Bak Piala, Rusia Pamerkan Senjata AS dan Inggris yang Direbut di Ukraina
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1511 seconds (11.210#12.26)