Banjir Bandang Landa Pakistan, 500 Orang Lebih Tewas

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 21:44 WIB
loading...
Banjir Bandang Landa Pakistan, 500 Orang Lebih Tewas
Hujan terlebat dalam beberapa dasawarsa picu banjir bandang di Pakistan, 500 orang lebih tewas. Foto/Times of India
A A A
ISLAMABAD - Banjir bandang yang disebabkan oleh hujan muson yang sangat lebat menewaskan sedikitnya 549 orang di Pakistan selama sebulan terakhir, dengan desa-desa terpencil di provinsi miskin Balochistan di antara yang terkena dampak paling parah.

Instansi pemerintah dan tentara Pakistan telah mendirikan kamp bantuan dan bantuan di daerah yang dilanda banjir serta bekerja untuk membantu merelokasi keluarga dan menyediakan makanan dan obat-obatan.

Badan Penanggulangan Bencana Nasional (NDMA) Pakistan mengatakan selain korban jiwa, banjir juga merusak lebih dari 46.200 rumah.



NDMA mengatakan bulan lalu adalah yang terbasah dalam tiga dekade, dengan 133 persen lebih banyak hujan daripada rata-rata selama 30 tahun terakhir.

“Kami melakukan yang terbaik untuk memberikan bantuan ekstensif dan rehabilitasi korban banjir,” kata Perdana Menteri Pakistan, Shehbaz Sharif, selama kunjungan ke daerah-daerah yang dilanda banjir seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (5/8/2022).

Namun pemerintah provinsi Balochistan mengatakan membutuhkan lebih banyak dana dan meminta bantuan organisasi internasional.

“Kerugian kami sangat besar,” kata Kepala Menteri provinsi Abdul Qudoos Bezenjo.



Menurunya ada kekurangan pangan di setiap kabupaten yang terkena banjir, dengan beberapa juga terputus dari provinsi lainnya karena lebih dari 700 kilometer jalan hanyut.

Bezenjo mengatakan provinsinya membutuhkan “bantuan besar” dari pemerintah dan dari badan-badan bantuan internasional.

Balochistan, yang berbatasan dengan Iran dan Afghanistan, menerima 305 persen lebih banyak hujan daripada rata-rata tahunan, kata badan bencana itu.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1688 seconds (0.1#10.140)