Setelah Kunjungi Taiwan, Pelosi Bakal Sambangi Zona Demiliterisasi Korea

Kamis, 04 Agustus 2022 - 20:51 WIB
loading...
A A A
Kedatangan Pelosi ke Koreas Selatan sendiri menimbulkan kecaman kepada Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol. Ketidakhadiran delegasi pemerintah yang dikirim untuk menyambut Pelosi dianggap telah melecehkan orang kedua dalam sistem kepresiden AS itu.



Sebaliknya, media lokal dan anggota parlemen dari partai Yoon telah menunjukkan fakta bahwa Yoon difoto menghadiri sebuah pertunjukan di pusat kota Seoul pada malam yang sama.

Yoon sendiri hanya berbicara dengan Pelosi melalui telepon tetapi tidak bertemu langsung dengannya karena dia secara resmi sedang berlibur minggu ini.

"Apa yang harus kita buat dari fakta bahwa (Yoon) menonton drama dan mengadakan pertemuan (dengan para aktor) tetapi tidak bertemu dengan Ketua DPR AS?" seorang mantan anggota parlemen dari Partai Kekuatan Rakyat Yoon, Yoo Seung-min, menulis di Facebook.

"Pelosi mengunjungi JSA hari ini. Tidak diinginkan untuk berpikir bahwa pemimpin parlemen sekutu kita mengunjungi garis depan keamanan kita, tetapi tidak akan ada pertemuan antara presiden kita dan dia," sambungnya.

Yoon yang menjabat pada Mei lalu, bersumpah untuk meningkatkan hubungan dengan Amerika Serikat, termasuk meningkatkan latihan militer bersama yang selalu membuat marah Korea Utara, yang memandang hal itu sebagai latihan untuk invasi.



Dia juga menyerang nada hawkish, anti-China di jalur kampanye, mengatakan dia ingin membeli sistem rudal THAAD AS tambahan untuk melawan Korea Utara, meskipun ditentang keras oleh Beijing.

Tetapi laporan media lokal yang kritis sekarang berspekulasi bahwa dia mungkin menghindari pertemuan dengan Pelosi dalam upaya untuk menenangkan China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)